MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS BOARDING SCHOOL PADA PROGRAM ILMU KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH MAFAZA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Luthfi Setya Rahmadani, NIM.: 15490015 (2019) MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS BOARDING SCHOOL PADA PROGRAM ILMU KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH MAFAZA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS BOARDING SCHOOL PADA PROGRAM ILMU KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH MAFAZA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
15490015_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS BOARDING SCHOOL PADA PROGRAM ILMU KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH MAFAZA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
15490015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses berjalannya manajemen kurikulum pada program Ilmu Keagamaan di MA Mafaza dimulai dari tahap perencanaan hingga pada tahap evaluasi kurikulum, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses berjalannya manajemen kurikulum di MA Mafaza dan hasil dari penerapan kurikulum pada program Ilmu Keagamaan di MA Mafaza. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru Kelas Program Ilmu Keagamaan dan Ustadz-Ustadzah yang mengajar di Asrama MA Mafaza dengan mempertimbangkan 3M mengetahui, memahami dan mengalami. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, Transkip, Coding, Grouping, Comparing and Contrasting dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berjalannya kurikulum di MA Mafaza terdiri dari perencanaan kurikulum dengan mengadakan rapat kerja diawal tahun. Pengorganisasian kurikulum bertujuan untuk melakukan koordinasi, pembagian tugas dan tanggung jawab sesuai dengan keahliannya. Pelaksanaan kurikulum di MA Mafaza tidak hanya kegiatan pembelajaran melainkan seluruh kegiatan atau program yang disesuiakan dengan kurikulum yang diterapkan. Pengawasan kurikulun dengan melakukan supervisi baik dari pengawas atau madrasah. Evaluasi kurikulum MA Mafaza meliputi evaluasi kurikulum secara keseluruhan dan evaluasi hasil belajar siswa-siswi MA Mafaza. Faktor pendukung, terdapatnya sistem Boarding School, tenaga pendidik sesuai dengan kualifikasi dan terdapat program Adiwiyata. Faktor penghambat, kurangnya berdisiplin siswa dalam mengikuti pembelajaran, kurangnya sarana dan prasarana pendukung dan kurangnya berdisiplinnya para tenaga pendidik. Hasil penerapan manajemen kurikulum pemahaman Ilmu Agama Islam yang mendalam, tercapainya program di MA Mafaza, prestasi yang diraih oleh para peserta didik, tingkat kelulusan tingkat kelulusan yang ada di MA Mafaza cukup baik walaupun baru meluluskan satu angkatan akan tetapi semua siswa kelas XII lulus dengan memuaskan. animo masyarakat semakin tahun semakin membaik, karena masyarakat sudah mengetahui keunggulan yang terdapat di MA Mafaza, sehingga banyak masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya di MA Mafaza

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Mangun Budiyanto, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Boarding School, Program Ilmu Keagamaan
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 24 Jun 2022 09:53
Last Modified: 24 Jun 2022 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51267

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum