MANAJEMEN STRATEGI WARUNG KOPI DALAM PEMANFATAAN RUANG BACA DAN DISKUSI DI KAFE BASABASI SOROWAJAN BANTUL YOGYAKARTA

Hairul Anwar, NIM.: 13490001 (2020) MANAJEMEN STRATEGI WARUNG KOPI DALAM PEMANFATAAN RUANG BACA DAN DISKUSI DI KAFE BASABASI SOROWAJAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN STRATEGI WARUNG KOPI DALAM PEMANFATAAN RUANG BACA DAN DISKUSI DI KAFE BASABASI SOROWAJAN BANTUL YOGYAKARTA)
13490001_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN STRATEGI WARUNG KOPI DALAM PEMANFATAAN RUANG BACA DAN DISKUSI DI KAFE BASABASI SOROWAJAN BANTUL YOGYAKARTA)
13490001_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi perkembangan pendidikan non-formal dipelbagai tempat, satu diantaranya disebabkan fenomena kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum berkunjung ke warung kopi untuk melakukan aktifitas membaca buku, mengerjakan tugas, dan berdiskusi sembari meminum kopi sekaligus bersantai. Kafe Basabasi Sorowajan Bantul Yogyakarta merupakan satu diantara warung kopi yang menyediakan fasilitas ruang baca dan diskusi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami manajemen strategi warung kopi yang dikembangkan Kafe Basabasi, mengetahui dan memahami manajemen strategi warung kopi dalam pemanfaatan ruang baca dan diskusi di Kafe Basabasi Sorowajan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Kafe Basabasi Sorowajan Bantul Yogyakarta. Peneliti menggunakan purposive sampling dalam menentukan subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode Miles dan Huberman, yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data, peneliti menggunakan trianggulasi sumber yang mana peneliti mengumpulkan data dari berbagai sumber. Hasil penelitian ini menunjukan: 1). Manajemen Strategi Warung Kopi dalam Pemanfaatan Ruang Baca dan Diskusi di Kafe Basabasi Sorowajan Bantul memiliki tiga tahapan dalam melakukan strateginya, yang pertama adalah perumusan strategi. Perumusan strategi Kafe Basabasi Sorowajan memiliki konsep ruang baca dan diskusi dengan mengintegrasikan Percetakan Basabasi dan Komunitas baca. Kedua ialah penerapan strategi ruang baca, forum diskusi dan tenaga kepegawaian. Ketiga ialah evaluasi yang dilakukan satu bulan sekali. 2). Hasil Manajemen strategi warung kopi dalam pemanfaatan ruang baca dan diskusi di Kafe Basabasi Sorowajan dapat dilihat melalui data peneliti, kurang lebih 50 orang/ hari pengunjung yang memanfaatkan ruang baca tersebut. Sedangkan dari data yang didapat peneliti ada sekitar 250 orang yang menghadiri acara diskusi. Khususnya pengunjung yang berprofesi sebagai mahasiswa datang ke Kafe Basabasi Sorowajan untuk mengerjakan tugas dan mencari referensi dengan tujuan dapat mengerjakan tugas dan berdiskusi dengan santai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kafe Basabasi, Manajemen Strategi, Pemanfaatan Ruang Baca dan Diskusi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 24 Jun 2022 11:30
Last Modified: 24 Jun 2022 11:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51278

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum