PENGENDALIAN PERSEDIAAN KACANG KEDELAI IMPORT DENGAN PENDEKATAN EOQ DAN SISTEM DINAMIS (STUDI KASUS UKM PENGRAJIN TAHU KUNING BAPAK HJ. OJI)

Siti Rukoyah Al Munazalah, NIM.: 15660012 (2020) PENGENDALIAN PERSEDIAAN KACANG KEDELAI IMPORT DENGAN PENDEKATAN EOQ DAN SISTEM DINAMIS (STUDI KASUS UKM PENGRAJIN TAHU KUNING BAPAK HJ. OJI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGENDALIAN PERSEDIAAN KACANG KEDELAI IMPORT DENGAN PENDEKATAN EOQ DAN SISTEM DINAMIS (STUDI KASUS UKM PENGRAJIN TAHU KUNING BAPAK HJ. OJI))
15660012_Siti Rukoyah AM_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGENDALIAN PERSEDIAAN KACANG KEDELAI IMPORT DENGAN PENDEKATAN EOQ DAN SISTEM DINAMIS (STUDI KASUS UKM PENGRAJIN TAHU KUNING BAPAK HJ. OJI))
15660012_Siti Rukoyah AM_BAB -II_sampai_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Persediaan merupakan bagian yang sangat penting dalam proses suatu produksi. Tanpa pengendalian persedian yang tepat, perusahaan akan mengalami masalah dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Kekurangan persediaan dapat mengakibatkan berhentinya proses produksi, hal ini menunjukan bahwa persediaan merupakan salah satu bagian yang vital dalam mengolah sebuah perusahaan. Terlalu besarnya persediaan atau banyaknya persediaan dapat mengakibatkan beban biaya terlalu tinggi. Padahal, dalam penyimpanan stock atau produk terdapat biaya investasi yang tidak berputar. Dalam perhitungan dan penentuan biaya persediaan akan dilakukan dalam 2 tahap sebagai pembanding antara EOQ dengan metoda sistem dinamis. Hal ini dilakukan untuk mencari pengendalian persediaan yang hampir mendekati dalam praktik kesehariannya. Perbandingan metode pengendalian persediaan akan dilakukan dengan metode EOQ dan pengendalian persediaan dengan sistem dinamis dengan bantuan software powersim. Dalam melakukan perbandingan dilihat dari sisi finansial dan atau tanpa nilai MAPE. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa kebijakan pengadaan persediaan bahan baku yang Oleh UKM Pengrajin Tahu Kuning Bapak Hj. Oji dapat dikemukakan kesimpulan sebagai berikut: 1. Pengendalian persediaan bahan baku kedelai import pada produksi tahu selama 1 tahun dengan kebijakan perusahaan frekuensi pemesanan 15 kali, metode EOQ konvensional 127 kali. Sedangkan berdasarkan sistem dinamis frekuensi pemesanan sebanyak 12 kali. 2. Bahan baku setiap kali dipesan sebesar 9733 Kg untuk kebijakan perusahaan dan 1149 Kg untuk EOQ konvensional. Sedangkan untuk sistem dinamis sebesar 12143,59 Kg untuk metose step, 11990,35 Kg untuk metode random dan 11489,6 Kg untuk metode sinwave. 3. Kuantitas safety stock yang dibutuhkan perusahaan menurut metode EOQ konvensional adalah 960 Kg. 4. Untuk reorder point, kuantitas pesan EOQ konvensional dan sistem dinamis sebesar 1360 Kg.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Arya Wirabhuana, S.T.,MSc
Uncontrolled Keywords: Causal Loop Diagram, EOQ (Economic Order Quantiy), Metode Sistem Dinamik,
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Jun 2022 14:09
Last Modified: 24 Jun 2022 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51405

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum