DETERMINAN PENGGUNAAN M-PAYMENT PADA GENERASI MILENIAL MUSLIM: EFEK MODERASI PENGETAHUAN TENTANG RIBA (STUDI KASUS DI PROVINSI DAERAH iSTIMEWA YOGYAKARTA)

Alya Laili Utdkhiati, NIM.: 18108030009 (2022) DETERMINAN PENGGUNAAN M-PAYMENT PADA GENERASI MILENIAL MUSLIM: EFEK MODERASI PENGETAHUAN TENTANG RIBA (STUDI KASUS DI PROVINSI DAERAH iSTIMEWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DETERMINAN PENGGUNAAN M-PAYMENT PADA GENERASI MILENIAL MUSLIM: EFEK MODERASI PENGETAHUAN TENTANG RIBA (STUDI KASUS DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
18108030009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DETERMINAN PENGGUNAAN M-PAYMENT PADA GENERASI MILENIAL MUSLIM: EFEK MODERASI PENGETAHUAN TENTANG RIBA (STUDI KASUS DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
18108030009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan smartphone yang cukup besar menjadikan para pelaku bisnis dan ilmuan membuat aplikasi yang dapat digunakan sebagai salah satu alat pembayaran non tunai. Salah satu alat pembayaran non tunai menggunakan aplikasi smartphone dikenal dengan istilah Mobile Payment (M-Payment). Perkembangan M-Payment tidak lepas dari kepedulian seorang muslim terhadap prinsip syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi faktor yang mempengaruhi penggunaan M-Payment pada generasi milenial muslim di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan 214 sampel yang dikumpulkan menggunakan kuesioner online. Data diolah menggunakan pendekatan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan SmartPLS 3.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel kemudahan, keuntungan relatif dan persepsi risiko secara signifikan mempengaruhi niat pengguna untuk mengadopsi M-Payment. Sebaliknya, variabel kemanfaatan, religiusitas tidak secara signifikan mempengaruhi niat pengguna untuk mengadopsi M-Payment. Selanjutnya, terdapat efek moderasi pengetahuan tentang riba dalam hubungan persepsi kemanfaatan dan persepsi risiko terhadap adopsi M-Payment. Menariknya, efek moderasi pengetahuan tentang riba tidak ada dalam hubungan persepsi kemudahan, keuntungan relatif dan religiusitas terhadap adopsi M-Payment.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Abdul Qoyum, S.E.I., M.Sc. Fin
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Pengetahuan tentang riba, Adopsi M-Payment
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 05 Jul 2022 11:22
Last Modified: 05 Jul 2022 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51583

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum