PENGARUH PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR), PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN LIKUIDITAS TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT (ERC) (Studi Kasus Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia)

Anita Rahayu, NIM.: 18108030029 (2022) PENGARUH PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR), PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN LIKUIDITAS TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT (ERC) (Studi Kasus Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR), PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN LIKUIDITAS TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT (ERC) (Studi Kasus Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia))
18108030029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR), PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN LIKUIDITAS TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT (ERC) (Studi Kasus Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia))
18108030029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh Islamic Social Reporting (ISR), profitabilitas, leverage, dan likuiditas terhadap Earning Response Coefficient (ERC) pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2017-2020. Sampel penelitian sebanyak 14 perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di ISSI antara tahun 2017-2020 yang dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukan bahwa Islamic Social Reporting tidak berpengaruh signifikan terhadap Earning Response Coefficient. Variabel profitabilitas dan likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap Earning Response Coefficient. Variabel leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap Earning Response Coefficient. Penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai dasar pertimbangan dalam mengambil keputusan investasi bagi calon investor. Bagi manajemen perusahaan, penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan agar pengungkapan tanggung jawab sosial yang dilaporkan dapat direspon dengan baik oleh calon investor. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lainnya seperti pertumbuhan perusahaan, persistensi laba, volatilitas harga saham dan sebagainya yang dapat berhubungan dengan Earning Response Coefficient.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Abdul Qoyum, S.E.I., M.Sc.Fin
Uncontrolled Keywords: Islamic Social Reporting (ISR), profitabilitas, leverage, likuiditas, dan Earning Response Coefficient (ERC).
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 05 Jul 2022 11:23
Last Modified: 05 Jul 2022 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51584

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum