PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIZUL QUR’AN BERBASIS DARING PADA SANTRI TAHFIDZ AKHWAT NON MUKIM GRAHA TAHFIDZ DAARUL QUR’AN KEC. UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19

Rima Nurkhasanah, NIM.: 18104010029 (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIZUL QUR’AN BERBASIS DARING PADA SANTRI TAHFIDZ AKHWAT NON MUKIM GRAHA TAHFIDZ DAARUL QUR’AN KEC. UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAḤFĪẒUL QUR’AN BERBASIS DARING PADA SANTRI TAHFIDZ AKHWAT NON MUKIM GRAHA TAHFIDZ DAARUL QUR’AN KEC. UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19)
18104010029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAḤFĪẒUL QUR’AN BERBASIS DARING PADA SANTRI TAHFIDZ AKHWAT NON MUKIM GRAHA TAHFIDZ DAARUL QUR’AN KEC. UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19)
18104010029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1). untuk mengetahui pelaksanaan program Taḥfīẓul Qur’an berbasis daring pada lembaga Graha Tahfidz Daarul Qur’an Yogyakarta, (2). untuk mengetahui apa saja kelebihan serta kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dilaksanakan di Graha Tahfidz Daarul Qur’an Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta pada Bulan Februari sampai Mei 2022. subjek penelitian ini adalah guru tahfidz, santri tahfidz akhwat, dan pengelola Graha Tahfidz Daarul Qur’an Yogyakarta. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah Pelaksanaan pembelajaran program tahfidz akhwat berbasis daring di Graha Tahfidz Daarul Qur’an Yogyakarta menggunakan metode talaqqi dan musyafahah pada setiap pertemuannya. Media pembelajaran menggunakan video call whatsapp. Santri menyetorkan hafalan melalui media tersebut kepada guru pembimbing. Pembelajaran dilakukan selama tiga bulan dan pertemuannya satu kali dalam seminggu. Pada akhir pertemuan dilakukan evaluasi pembelajaran berupa ujian tahfidz sambung ayat yang telah dihafalkan oleh santri. Kelebihan pelaksanaan pembelajaran Taḥfīẓul Qur’an berbasis daring ialah (a) Fleksibel dalam setoran hafalan Al-Qur’an, (b) Tetap bisa mengaji dan menghafalkan Al-Qur’an di Masa Pandemi Covid 19, (c) Menghafal Al-Qur’an dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di masa Pandemi Covid 19. Sedangkan kekurangan pada pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an berbasis daring ialah (a) Keterbatasan Interaksi antara Guru dengan Santri, (b) Santri kurang bersemangat dalam menghafal dan setoran AL-Qur’an, (c) Santri memiliki banyak kesibukan atau kegiatan di rumah maupun di luar rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, MA
Uncontrolled Keywords: Sistem Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Tahfidzul Qur’an, Santri
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
al Qur'an > Tahfidz al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Jul 2022 15:03
Last Modified: 01 Jul 2022 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51597

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum