ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA SOAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SMPS NURUS SALAM WULUHAN JEMBER

Sabila Anjani, NIM.: 18104010049 (2022) ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA SOAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SMPS NURUS SALAM WULUHAN JEMBER. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA SOAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SMPS NURUS SALAM WULUHAN JEMBER)
18104010049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA SOAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SMPS NURUS SALAM WULUHAN JEMBER)
18104010049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini agar mengetahui analisis soal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII semester ganjil di SMP Nurus Salam Wuluhan Jember. Agar nantinya kita juga memahami bagaimana kebiasaan siswa dalam menerapkan HOTS dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini merekapitulasi dengan menghitung persentase HOTS dalam setiap butir soal. Objek dalam penelitian ialah guru, siswa kelas VIII beserta soal Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini adalah (1) Persentase analisis kualitas soal ujian akhir Semester Ganjil kelas VIII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada tahun pelajaran 2021/2022 sesuai dengan kriteria Taksonomi Bloom C1 sampai C6 diketahui bahwa level 1 jumlah soal sebanyak 24,5%, level 2 memiliki jumlah 42,2%, level 3 memiliki jumlah 4,4%, level 4 memiliki jumlah 24,5%, level 5 memiliki jumlah soal sebanyak 4,4%, dan pada level 6 karena tidak memiliki soal maka 0%. Dengan kalkulasi ini dapat ditarik kesimpulan soal Low Order Thinking Skills (LOTS) sebanyak 71,1%, sedangkan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) sebanyak 28,9%. (2) Kualitas soal pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) hanya sebanyak 15,5% jika disesuaikan dengan tabel kriteria kesesuaian makan masuk dalam kategori “kurang dari setengah”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Soal Higher Order Thinking Skill, Level Kognitif, Mata Pelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2022 10:10
Last Modified: 04 Jul 2022 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51608

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum