PENERAPAN MEDIA WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA (MUFRODAT) PADA SISWA KELAS VII MTS MA'ARIF DARUSSHOLIHIN SLEMAN TAHUN AJARAN 2021-2022

Ahmad Zhorif Dhiya Ulhaq, NIM.: 18104020050 (2022) PENERAPAN MEDIA WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA (MUFRODAT) PADA SISWA KELAS VII MTS MA'ARIF DARUSSHOLIHIN SLEMAN TAHUN AJARAN 2021-2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MEDIA WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA (MUFRODAT) PADA SISWA KELAS VII MTS MA'ARIF DARUSSHOLIHIN SLEMAN TAHUN AJARAN 2021-2022)
18104020050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MEDIA WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA (MUFRODAT) PADA SISWA KELAS VII MTS MA'ARIF DARUSSHOLIHIN SLEMAN TAHUN AJARAN 2021-2022)
18104020050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai pelajaran Bahasa Arab khususnya tentang pemahaman akan kosakata Bahasa Arab. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan digunakannya media pembelajaran yang ditujukan untuk mendukung dan membantu suatu proses pembelajaran agar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Dalam hal ini media yang digunakan adalah media Word Square sebagai salah satu alat untuk membantu meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa. Penelitian ini berfokus pada penggunaan media Word Square sebagai salah satu sarana pembantu proses pembelajaran Bahasa Arab khususnya dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas VII MTs Ma’arif Darussholihin Sleman. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, maka peneliti melakukan penelitian di MTs Ma’arif Darussholihin Sleman dengan jumlah intenstitas pertemuan sebanyak dua kali. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media Word Square sebagai salah satu sarana pembelajaran Bahasa Arab dalam peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas VII MTs Ma’arif Darussholihin Sleman secara benar dapat berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai siswa berdasarkan hasil pretest dan hasil post test yang telah dilakukan pada penelitian ini. Selain itu, dengan adanya media Word Square dapat menjadikan proses pembelajaran Bahasa Arab lebih menarik dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Word Square, Pembelajaran Bahasa Arab, Penguasaan Kosakata Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2022 10:46
Last Modified: 04 Jul 2022 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51622

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum