IMPLEMENTASI MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 4 MAN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022

Muchamad Kharis As'ad, NIM.: 18104020082 (2022) IMPLEMENTASI MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 4 MAN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 4 MAN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104020082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 4 MAN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104020082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar dalam kelas. Sehingga peneliti ingin menerapkan media Audiovisual sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar tersebut. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media Sparkol videoscribe dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab di kelas X MIPA 4 MAN 1 YOGYAKARTA tahun ajaran 2021/2022. Oleh karena itu sangat diperlukan bagi guru untuk melakukan inovasi terkait metode dan media pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian Pre-test Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 YOGYAKARTA dengan menggunakan teknik pengambilan sampel. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang akan diberikan materi menggunakan media Sparkol Videoscribe dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang akan diberikan materi menggunakan media Tradisional. Berdasarkan perhitungan statistik yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,005. Karena nilai sig 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar Bahasa arab kelas yang menggunakan media Sparkol Videoscribe dengan kelas yang menggunakan media Tradisional. Karena adanya perbedaan maka hipotesis penelitian juga terjawab, yakni”Berarti apabila Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media Sparkol Videoscribe dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIPA 4 MAN 1 Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Media Sparkol Videoscribe, Peningkatan, Bahasa Arab, MAN 1 Yogyakarta
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2022 10:50
Last Modified: 04 Jul 2022 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51624

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum