UPAYA PENDIDIK DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BHAKTI PKK 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA

Yuni Rismawati, NIM.: 18104030039 (2022) UPAYA PENDIDIK DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BHAKTI PKK 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENDIDIK DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BHAKTI PKK 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA)
18104030039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENDIDIK DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BHAKTI PKK 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA)
18104030039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku agresif anak usia 4-5 tahun di TK BhaktiI PKK 1 Seyegan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) bentuk-bentuk perilaku agresif anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti PKK 1 Seyegan; (2) faktor yang menjadi penyebab perilaku agresif anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti PKK 1 Seyegan; (3) upaya pendidik dalam mengatasi perilaku agresif anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti PKK 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi kasus yang dijabarkan secara deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu pendidik dan siswa TK Bhakti PKK 1 Seyegan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) observasi untuk mendapatkan data mengenai siapa anak yang berperilaku agresif dan apa bentuk-bentuk perilaku agresif yang dilakukan, faktor apa yang menjadi penyebab anak melakukan perilaku agresif, dan bagaimana upaya pendidik dalam mengatasi perilaku agresif anak; (2) wawancara untuk mendapatkan data bentuk-bentuk perilaku yang dilakukan anak, faktor apa yang menjadi penyebab anak melakukan perilaku agresif, dan upaya pendidik dalam mengatasi perilaku agresif anak apakah berpengaruh atau tidak berpengaruh terhadap anak, yang diajukan kepada pendidik kelompok A TK Bhakti PKK 1 Seyegan; (3) dokumentasi untuk mendapatkan data perilaku anak dan upaya guru dalam mengatasi anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti PKK 1 Seyegan selama kegiatan berlangsung dalam bentuk foto. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk perilaku agresif anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti PKK 1 Seyegan yaitu tidak mau bersosialisasi, tidak memperhatikan Bu Guru, mengganggu teman, menyubit, menindih, emosi yang sering naik/kurang stabil, berkata yang tidak baik untuk mengejek teman, merebut, melototi, dan mendorong temannnya; (2) faktor yang menyebabkan perilaku agresif anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti PKK 1 Seyegan yaitu lingkungan keluarga dan youtube; (3) upaya pendidik dalam mengatasi perilaku anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti PKK 1 Seyegan yaitu memberikan saran dan nasihat, bercerita, aturan di kelas, pemberian tugas, bekerja sama dengan orang tua, permintaan maaf, permainan, membuat kondisi kelas menjadi menyenangkan, serta memberikan kesempatan kepada anak untuk mengekspresikan keinginannya. Dari semua upaya tersebut, upaya memberikan aturan di kelas kurang berpengaruh dalam mengatasi perilaku agresif anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti PKK 1 Seyegan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidik, Perilaku Agresif, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2022 11:01
Last Modified: 04 Jul 2022 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51626

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum