PENGARUH PERHATIAN PESERTA DIDIK PADA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI MI SULTAN AGUNG BABADAN BARU SLEMAN

Sitta Novia Muyassaroh, NIM.: 18104080063 (2022) PENGARUH PERHATIAN PESERTA DIDIK PADA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI MI SULTAN AGUNG BABADAN BARU SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERHATIAN PESERTA DIDIK PADA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI MI SULTAN AGUNG BABADAN BARU SLEMAN)
18104080063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERHATIAN PESERTA DIDIK PADA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI MI SULTAN AGUNG BABADAN BARU SLEMAN)
18104080063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi canva untuk peserta didik kelas V di MI Sultan Agung Babadan Baru Sleman, (2) adakah pengaruh perhatian peserta didik pada media pembelajaran berbasis aplikasi canva terhadap hasil belajar IPA kelas V di MI Sultan Agung Babadan Baru Sleman, (3) adakah kendala yang dihadapi dalam penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi canva terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V di MI Sultan Agung Babadan Baru Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan desain ex post facto. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas V MI Sultan Agung Babadan Baru Sleman. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh dengan jumlah 43 peserta didik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi canva dan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan penggunaan media canva memberikan kontribusi positif dalam proses pembelajaran dengan kategori sangat baik. Setelah dilakukan analisa hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi canva terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V di MI Sultan Agung Babadan Baru Sleman. Adapun kendala pada saat penggunaan media canva yaitu pada saat pembuatan desain presentasi menggunakan canva harus online artinya harus ada ketersediaan kuota internet setiap saat. Selain itu juga pada saat menampilkan slide canva, tidak bisa bertahap namun langsung satu slide muncul semua tampilan materi yang hendak disampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Izzatin Kamala, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi Canva, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2022 11:21
Last Modified: 04 Jul 2022 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51631

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum