PENGARUH PEMANFAATAN SARANA PRASARANA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI PROGRAM STUDI MANAJEMAN PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Ulfa Ferdiyana, NIM.: 18104090062 (2022) PENGARUH PEMANFAATAN SARANA PRASARANA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI PROGRAM STUDI MANAJEMAN PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMANFAATAN SARANA PRASARANA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI PROGRAM STUDI MANAJEMAN PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
18104090062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMANFAATAN SARANA PRASARANA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI PROGRAM STUDI MANAJEMAN PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
18104090062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Mewabahnya Covid-19 melahirkan beberapa kebijakan baru, salah satunya yaitu peralihan proses pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ), kebijakan tersebut perlu diperhatiakan dengan mempertimbangkan apakah dalam pelaksanaanya dapat mencapai tujuan pendidikan. Hasil belajar peserta didik dapat menjadi salah satu tolak ukur dalam keberhasilan proses pendidikan. Pemanfaatan sarana prasarana dan motivasi belajar merupakan bagian dari aspek utama yang memengaruhi keberhasilan suatu proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengukur pengaruh pemanfaatan sarana prasarana dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) terhadap mahasiswa. Teori yang digunakan pada penelitian ini ini adalah teori Benjamin S, teori Syah Muhibbin, dan teori Abraham Maslow. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan penentuan sampel menggunakan teknik Random Sampling, jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin. Uji reliabilitas menggunakan teknik cronchbach’s alpha dan uji validitas menggunakan teknik correlate bivariate. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial, dengan menggunakan uji korelasi bivariat dan parsial serta uji regresi linier berganda. Pengambilan populasi melibatkan 235 mahasiswa aktif Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, dengan jumlah sampel sebanyak 149 mahasiswa Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh pemanfaatan sarana prasarana terhadap hasil belajar mahasiswa dengan dimediasi oleh variabel motivasi belajar. Dibuktikan dengan hasil uji korelasi pasial, sebesar rxy > rxyz = 0,631 > 0,478. Artinya hubungan yang terjadi antara pemanfaatan sarana prasarana dengan hasil belajar bukan hubungan yang linier. Pada uji regresi linier berganda didapatkan hasil penelitian menunjukkan variabel hasil belajar dapat diterangkan oleh pemanfaatan sarana prasarana dan motivasi belajar mahasiswa di masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sejumlah 52,8% dan 47,2% sisanya dijelaskan variabel lain selain keduanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Rinduan Zain, S.Ag, M.A
Uncontrolled Keywords: Sarana Prasarana Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2022 08:49
Last Modified: 05 Jul 2022 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51675

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum