PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)

IMAM RAZIQI MADANI - NIM. 05450040-04 (2010) PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan strategi model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), mengetahui banyaknya siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai peningkatan motivasi berprestasi dan pemahaman belajar pada proses pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas XA semester II MAN Laboratorium UIN Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan memberikan tindakan pada subyek penelitian. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA MAN Laboratorium UIN Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk menilai motivasi berprestasi siswa dan lembar soal pre-test dan post-test untuk data pemahaman siswa. Analisis data untuk motivasi berprestasi siswa menggunakan analisis kualitatif deskriptif, data kualitatif dengan menghitung persentase siklus I dan siklus II. Sedangkan untuk data pemahaman yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-test siklus I dan II, dianalisis dengan menggunakan effect size, yaitu selisih antara rata-rata post-test siklus II dengan rata-rata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada materi pokok keanekaragaman hayati dapat dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi berprestasi dan pemahaman siswa di kelas XA MAN Laboratorium UIN Yogyakarta. Pencapaian siswa pada siklus I adalah kemampuan dalam melaksanakan tugas kelompok, bergabung dengan kelompok, merespon penjelasan guru, kontribusi siswa, bekerjasama dan berdiskusi, presentasi hasil diskusi, bertanya dan menjawab pertanyaan serta menghargai teman ataupun kelompok. Sedangkan pencapaian pada siklus II adalah hasil belajar siswa lebih meningkat daripada hasil belajar siswa pada siklus I. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size 1,3. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sudjoko, MS.,
Uncontrolled Keywords: CIRC, motivasi berprestasi, pemahaman, dan MAN Laboratorium UIN Yogyakarta.
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 22 Mar 2024 13:37
Last Modified: 22 Mar 2024 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5170

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum