PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 1 YOGYAKARTA DAN MAN 1 GARUT

Lady Farah Aziza, NIM.: 18204020006 (2022) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 1 YOGYAKARTA DAN MAN 1 GARUT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 1 YOGYAKARTA DAN MAN 1 GARUT)
18204020006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 1 YOGYAKARTA DAN MAN 1 GARUT)
18204020006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam proses belajar mengajar terdapat komponen yang saling berkaitan, di antaranya penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, penguasaan materi dan pengelolaan kelas. Komponen-komponen tersebut menunjukkan bahwa kesuksesan pembelajaran di dalam kelas bukan hanya dari hasil akhir yang diterima oleh peserta didik, tetapi kualitas guru atau tenaga pendidik sebagai pemeran utama. Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, kompetensi guru di antaranya; kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Dan di antara kompetensi yang ada, kompetensi pedagogik yang paling dibutuhkan dalam diri seorang guru untuk memulai sebuah kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendakatan kuantitatif dan bersifat deskriptif. Di mana penelitian ini dilakukan dengan cara turun langsung ke lapangan untuk menghasilkan gambaran yang tersusun dengan baik serta mudah difahami sesuai fakta juga objektif. Hasil dari penelitian ini bahwa adanya pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut. Setelah melakukan analisis, penulis menemukan bahwa dalam taraf siginifikan 5% dan 1%, di mana artinya pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut dalam kategori sedang, sementara pengaruh terhadap hasil siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta terkategori rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M. Si., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil Belajar, Siswa,
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2022 14:34
Last Modified: 05 Jul 2022 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51708

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum