Hubungan Motif Mengakses Akun Instagram Teras Dakwah Terhadap Kepuasan Pengurus Harian Lembaga Dakwah Kampus Mandiri di DIY

Iwan Hantoro, NIM.: 16210033 (2022) Hubungan Motif Mengakses Akun Instagram Teras Dakwah Terhadap Kepuasan Pengurus Harian Lembaga Dakwah Kampus Mandiri di DIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Hubungan Motif Mengakses Akun Instagram Teras Dakwah Terhadap Kepuasan Pengurus Harian Lembaga Dakwah Kampus Mandiri di DIY)
16210033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Hubungan Motif Mengakses Akun Instagram Teras Dakwah Terhadap Kepuasan Pengurus Harian Lembaga Dakwah Kampus Mandiri di DIY)
16210033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Hadirnya Instagram telah menarik perhatian manusia. Sebanyak 72,64 juta masyarakat Indonesia sudah menjadi pengguna aktif Instagram. Hal tersebut membuat semua kalangan berlomba untuk memanfaatkan Instagram, salah satunya Teras Dakwah. Lembaga ini memanfaatkan Instagram untuk berdakwah. Akunnya telah diikuti oleh 133 ribu pengguna, yang banyak di antaranya adalah pengurus Lembaga Dakwah Kampus (LDK). Para pengurus ini dalam mengikuti dan mengakses Instagram Teras Dakwah didorong oleh motif tertentu, sebagaimana dijelaskan di teori uses and gratification. Maka tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara motif dan kepuasan Pengurus Harian LDK Mandiri di DIY dalam mengakses akun Instagram Teras Dakwah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelatif. Populasi penelitiannya adalah Pengurus Harian LDK Mandiri di DIY yang terbagi ke dalam 5 perguruan tinggi. Sampelnya berjumlah 30 orang yang dipilih menggunakan teknik sampel acak stratifikasi proporsional. Teknik pengumpulan data primernya menggunakan kuesioner google form dengan instrumen yang berisi 16 pertanyaan. Pengujian instrumen menggunakan validitas konstruk dan reliabilitas alpha cronbach. Sementara teknik analisis korelasinya menggunakan Rank Spearman. Berdasarkan pengolahan data penelitian, Pengurus Harian LDK Mandiri di DIY memiliki motif yang sangat tinggi dalam mengakses akun Instagram Teras Dakwah. Motif integrasi dan interaksi sosial menjadi yang tertinggi. Tetapi nilai GO lebih rendah daripada GS yang menunjukkan akun Instagram Teras Dakwah tidak dapat memuaskan keinginan Pengurus Harian LDK Mandiri di DIY. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai koefisien korelasi 0,632 (di antara 0,60-0,79) yang berarti terdapat hubungan positif yang kuat dan searah. Sementara nilai signifikansinya 0,000 yang berarti signifikan. Maknanya adalah bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nanang Mizwar Hasyim, S.Sos.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: instagram; Lembaga Dakwah Kampus; uses and gratification; motif hiburan; kepuasan informasi
Subjects: Penyiaran Islam
Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jul 2022 09:41
Last Modified: 07 Jul 2022 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51788

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum