TATBIQ TARIQAH SCRAMBLE LI DARSI AL MUTALA'AH FI AL FASL AL THANI BI MADRASAH IBN AL QAYYIM AL THANAWIYYAH LI AL BANIN BANTUL YOGYAKARTA FI AL SANAT AL DIRASIYYAH 2018/2019

Insan Kamil, NIM.: 15420030 (2019) TATBIQ TARIQAH SCRAMBLE LI DARSI AL MUTALA'AH FI AL FASL AL THANI BI MADRASAH IBN AL QAYYIM AL THANAWIYYAH LI AL BANIN BANTUL YOGYAKARTA FI AL SANAT AL DIRASIYYAH 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TATBIQ TARIQAH SCRAMBLE LI DARSI AL MUTALA'AH FI AL FASL AL THANI BI MADRASAH IBN AL QAYYIM AL THANAWIYYAH LI AL BANIN BANTUL YOGYAKARTA FI AL SANAT AL DIRASIYYAH 2018/2019)
15420030-BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TATBIQ TARIQAH SCRAMBLE LI DARSI AL MUTALA'AH FI AL FASL AL THANI BI MADRASAH IBN AL QAYYIM AL THANAWIYYAH LI AL BANIN BANTUL YOGYAKARTA FI AL SANAT AL DIRASIYYAH 2018/2019)
15420030-BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Muthola’ah dengan metode scramble di kelas 2 MTs Ibnul Qoyyim Putra Bantul Yogyakarta, untuk mengetahui kendala, solusinya serta mengetahui hasilnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di MTs Ibnul Qoyyim Putra Bantul. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data kualitatif. Sedangkan dalam pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode scramble dilaksanakan dengan mempersiapakan bahan berupa potongan terjemahan, perekat, serta selembar kertas sebagai tempat menempel. Dengan waktu yang disediakan oleh pengajar siswa secara berkelompok harus menyelesaikan potongan terjemahan itu sesuai dengan wacana bahasa Arab yang asli dengan waktu yang telah ditentukan. Siswa diharuskan untuk bekerja sama demi melaksanakan tugas dengan baik. 2) Kendala yang dihadapi yaitu metode ini tidak bisa dilaksanakan secara mendadak, setiap materi baru harus dipersiapkan lagi serta metode ini tidak efektif dilaksanakan secara terus menerus menimbang biaya dan waktu yang diperlukan untuk mempersiapkannya. Adapun solusinya adalah pengajar hanya menggunakan metode ini hanya beberapa kali dalam satu semester, hal ini dilakukan agar siswa tidak merasa bosan dan menumbuhkan daya tarik siswa untuk belajar kembali setelah sekian lama belajar. 3) Metode scramble dapat membuat peserta didik mampu membacakan kembali materi berupa teks narasi berbahasa Arab dengan baik dan lancar. Kemudian siswa dapat memahami isi wacana dengan baik dan dapat menambah kekayaan kosa kata pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, SS., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Scramble, Muthola’ah
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jul 2022 15:11
Last Modified: 11 Jul 2022 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51854

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum