FI'ALIYYAH TATBIQ AL SUWAR AL MUSAL SALATI AL 'ISHWA'IYYAH FI TARQIYYAH MAHARAT AL KITABAH (DIRASAH TAJRIBIYYAH LI AL TULAB AL SAFF AL 'ASHIR BI AL MADRASAT AL THANAWIYYAT AL ISLAMIYYAH IBN AL QAYYIM LI AL BANIN FI AL SANAT AL DIRASIYYAH 2018-2019)

Mohammad Zaelani Musonif, NIM.: 15420036, (2019) FI'ALIYYAH TATBIQ AL SUWAR AL MUSAL SALATI AL 'ISHWA'IYYAH FI TARQIYYAH MAHARAT AL KITABAH (DIRASAH TAJRIBIYYAH LI AL TULAB AL SAFF AL 'ASHIR BI AL MADRASAT AL THANAWIYYAT AL ISLAMIYYAH IBN AL QAYYIM LI AL BANIN FI AL SANAT AL DIRASIYYAH 2018-2019). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FI'ALIYYAH TATBIQ AL SUWAR AL MUSAL SALATI AL 'ISHWA'IYYAH FI TARQIYYAH MAHARAT AL KITABAH (DIRASAH TAJRIBIYYAH LI AL TULAB AL SAFF AL 'ASHIR BI AL MADRASAT AL THANAWIYYAT AL ISLAMIYYAH IBN AL QAYYIM LI AL BANIN FI AL SANAT AL DIRASIYYAH 2018-2019))
15420036_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (FI'ALIYYAH TATBIQ AL SUWAR AL MUSAL SALATI AL 'ISHWA'IYYAH FI TARQIYYAH MAHARAT AL KITABAH (DIRASAH TAJRIBIYYAH LI AL TULAB AL SAFF AL 'ASHIR BI AL MADRASAT AL THANAWIYYAT AL ISLAMIYYAH IBN AL QAYYIM LI AL BANIN FI AL SANAT AL DIRASIYYAH 2018-2019))
15420036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui proses pembelajaran At-Ta’bir menggunakan gambar seri acak dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas X MA Ibnul Qayyim Putra tahun ajaran 2018/2019, 2) mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol, 3) mengetahui efektivitas penggunaan media gambar seri acak dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas X MA Ibnul Qayyim Putra tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keakuratan instrumen digunakan uji validitas ahli pada instrumen. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Sminov –Kolmogroy dan Shapiro Wilk. Adapun analisi data dalam penlitian ini menggunakan statistik nonparametrik dengan rumus Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media gambar seri acak diawali dengan salam dan doa bersama dan dilanjutkan dengan penyampain materi dengan metode diskusi, media gambar tersebut digunakan untuk memantik siswa dalam aktivitas menulis kisah yang harus dirangaki dengan baik dan runtut. Media gambar seri acak ini efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas X MA Ibnul Qayyim Putra tahun ajaran 2018/2019. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata NGain sebesar 0,4832 yang masuk dalam kategori 0,3 > g ≤ 0,7 yang artinya media tersebut efektif dengan derajat kefektifitasan sedang. Hasil uji Wilcoxon dan Mann-Whitney menunjukan nilai Asymp Sig. 2-tailed sebesar 0,01, hal ini menunjukan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan pada hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol. Perbedaan rata-rata tersebut merupakan pengaruh penggunaan media gambar seri acak dalam pembelajaran At-Ta’bir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhajir, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Media Gambar Seri Acak, Kemampuan Kitabah, At-Ta’bir
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jul 2022 15:16
Last Modified: 11 Jul 2022 15:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51855

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum