TAHLIL AL NASS AL SEMIOTIKA FI KITAB AL QIRA'AT AL RASHIDAH MIN HAYTHU TA'LIM AL SHAKHSIYYAH

Zainisa Hana Makruf Rohmawati, NIM.: 15420090 (2019) TAHLIL AL NASS AL SEMIOTIKA FI KITAB AL QIRA'AT AL RASHIDAH MIN HAYTHU TA'LIM AL SHAKHSIYYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TAHLIL AL NASS AL SEMIOTIKA FI KITAB AL QIRA'AT AL RASHIDAH MIN HAYTHU TA'LIM AL SHAKHSIYYAH)
15420090_BAB-I_atau_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TAHLIL AL NASS AL SEMIOTIKA FI KITAB AL QIRA'AT AL RASHIDAH MIN HAYTHU TA'LIM AL SHAKHSIYYAH)
15420090_BAB-II_SAMPAI-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kajian terkait dengan bahan ajar bahasa Arab yang diantaranya yaitu menggunakan analisis isi, analisis kesalahan, analisis kontrastif dan minimnya penggunaan analisis-analisis lain dalam kajian terkait dengan bahan ajar. Kegelisahan pendidikan pada saat ini yaitu bahwa pendidikan bahasa Arab tidak terlepas dari bahan ajar yang diterapkan disekolah, akan tetapi masih sedikit analisis dan evaluasi kelayakan bahan ajar bahasa Arab sehingga masih banyak bahan ajar yang kurang cocok di terapkan disekolah. Para peneliti seringkali hanya berfokus kepada bahan ajar utama bahasa Arab seperti buku “Ta’limullughah al-‘Arabiyah” padahal masih banyak buku-buku pelengkap lain yang menarik untuk di teliti seperti contohnya buku “al-Qira’ah ar-Rasyidah”. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk menggunakan pendekatan semiotik untuk menganalisis tema-tema cerita dengan menghubungkan pendidikan karakter peserta didik dan menggunakan buku al-Qira’ah ar-Rasyidah sebagai objek penelitiannya. Penulis menggambil 3 tema tertentu yaitu: al-Hamamatu wa an-Namlatu, an-Nahlatu wa az-Zinbaru, Sa’atu al-Khaithi wa al-Mizwalatu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teori semiotika Charles Sanders Pierce dengan acuan ikon, indeks dan simbol. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat ikon, indeks dan simbol pada setiap teks, dan terdapat pula tanda-tanda dan makna yang identik dari ketiga teks dalam pendidikan katakter seperti sikap toleransi, gotong royong dan saling membantu, kreatif, mandiri, menghargai prestasi, peduli sosial dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Adzfar Ammar, MA.
Uncontrolled Keywords: Semiotik, Pendidikan Karakter, Buku al-Qira’ah ar-Rasyidah
Subjects: Kesusastraan Arab > Semiotika
Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jul 2022 15:21
Last Modified: 11 Jul 2022 15:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51862

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum