PENGARUH SELF-COMPASSION UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS REMAJA DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI AISYIYAH II KADIPIRO, SURAKARTA

Anugerah Mawarti, S.Sos., NIM.: 19200012030 (2022) PENGARUH SELF-COMPASSION UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS REMAJA DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI AISYIYAH II KADIPIRO, SURAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SELF-COMPASSION UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS REMAJA DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI AISYIYAH II KADIPIRO, SURAKARTA)
19200012030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SELF-COMPASSION UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS REMAJA DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI AISYIYAH II KADIPIRO, SURAKARTA)
19200012030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kesejahteraan psikologis pada remaja yang tinggal di Panti Asuhan cenderung lebih rendah daripada kesejahteraan psikologis remaja yang tinggal dengan keluarga yang utuh. Individu dapat dibantu mengatasi permasalahan tersebut dengan cara menciptakan ketenangan untuk menghindari perasaan-perasaan negatif dan perilaku yang dapat membahayakan diri mereka sendiri agar mereka dapat menjadikan hidup mereka lebih berharga. Masalah psikologis yang dialami oleh remaja Panti Asuhan yaitu seperti stress dan depresi Sehingga mereka lebih memperhatikan kesejahteraan psikologisnya dan memberikan simpati pada dirinya sendiri. Perasaan simpati tersebut dapat dibangun dengan menunjukkan belas kasih terhadap diri sendiri yang dikatakan sebagai self compassion. Kesejahteraan psikologi dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi kesejahteraan psikologis remaja apabila remaja terlalu realistis tentang derajat penerimaan yang akan mereka capai,dan merasa puas dengan orang-orang yang menerima mereka dan menunjukkan kasih sayang pada orang-orang tersebut. Kebutuhan remaja akan dukungan atau penerimaan, kasih sayang dan prestasi menjadi unsur kebahagiaan yang bergantung pada lingkungan atau pada dirinya sendiri. Faktor eksternal yang mempengaruhi kesejahteraan psikologis adalah pengendalian yang diberikan oleh lingkungan untuk memuaskan kebutuhan hidupnya. Dimana ia akan bahagia sepanjang kebutuhannya sesuai dengan kemampuan untuk memenuhi kebahagiaannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat adanya pengaruh self-compassion dalam meningkatkan kesejahteraan psikologi remaja di Panti Asuhan Yatim Putri Aissyiyah II Kadipiro Surakarta.Jenis Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang melakukan uji hipotesis. Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan design penelitian yang mengacu kepada penelitian eksperimental yaitu dengan rancangan The One Group Pretest-Posttest Design. Dari uji hipotesis dapat diperoleh hasil penelitian bahwa adanya pengaruh self-compassion untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis remaja di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyisyah II Kadipiro, Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari Self-Compassion untuk meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Remaja, yang artinya bahwa para remaja putri yang tinggal di panti asuhan tersebut sudah memiliki kemampuan yang cukup baik untuk mengatasi berbagai masalah yang secara tidak langsung remaja tersebut bisa membentuk sikap penerimaan diri nya dan juga dapat mengolah diri mereka menjadi seorang remaja yang lebih baik sehingga para remaja yang tinggal di panti asuhan juga memilki tingkat kesejahteraan psikologis yang lebih baik juga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Zulkipli Lessy, S.Ag., S.Pd., M.Ag., MSW, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Self-Compassion, Kesejahteraan Psikologis Remaja
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 12 Jul 2022 15:09
Last Modified: 12 Jul 2022 15:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51899

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum