PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL TUTOR SEBAYA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS INKLUSIF

Zahrotur Rohmah, NIM.: 15600047 (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL TUTOR SEBAYA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS INKLUSIF. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL TUTOR SEBAYA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS INKLUSIF)
15600047_BAB I_BAB V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL TUTOR SEBAYA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS INKLUSIF)
15600047_BAB II_S.D._BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika melalui model tutor sebaya dengan pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa di kelas inklusif. Pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan yang harus dicapai dalam pembelajaran matematika. Motivasi merupakan dorongan untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Sewon. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2019 sampai 16 April 2019. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Sewon Bantul semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa dengan satu siswa dengan gangguan penglihatan (tunanetra) dalam kategori anak kurang awas atau low vision. Objek dalam penelitian ini yaitu keseluruhan proses pembelajaran matematika melalui model tutor sebaya dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, teknik skala motivasi belajar, teknik tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, mendiskripsikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran matematika melalui model tutor sebaya dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa di kelas inklusif yaitu kelas VII E SMP Negeri 2 Sewon. Peningkatan pemahaman konsep dapat dilihat dari persentase rata-rata kelas dalam tes pemahaman konsep siswa siklus I yaitu 45% menjadi 75% pada siklus II dan persentase rata-rata kelas dalam motivasi belajar mencapai 69% pada siklus I menjadi 70% pada siklus II. Tahapan proses pembelajaran yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan. Proses pembelajaran dilaksanakan berkelompok dengan bantuan tutor sebaya. Pembelajaran yang dilaksanakan seperti pembelajaran pada umumnya sekaligus mengimplementasikan prinsip-prinsip khusus untuk siswa tunanetra. Hal ini dilakukan untuk memfasilitasi siswa low vision. Prinsip-prinsip khusus tersebut yaitu prinsip kekonritan, prinsip pengalaman yang menyatu, dan prinsip belajar sambil melakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Utami Zuliana, S.Si., M.Sc., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Model Tutor Sebaya, Pendekatan Saintifik, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar, Kelas Inklusif
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jul 2022 14:21
Last Modified: 13 Jul 2022 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51937

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum