AL MUHASSINAT AL BADI'IYYAH FII KITAB HIDAYATUL ADZKIYA' ILLA THORIIQIL AULIYA' LI SYAIKH ZAINUDDIN AL-MALIBARI (DIRASAH BALAGHAH)

Ahmad Sholeh, NIM.: 14110078 (2022) AL MUHASSINAT AL BADI'IYYAH FII KITAB HIDAYATUL ADZKIYA' ILLA THORIIQIL AULIYA' LI SYAIKH ZAINUDDIN AL-MALIBARI (DIRASAH BALAGHAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL MUHASSINAT AL BADI'IYYAH FII KITAB HIDAYATUL ADZKIYA' ILLA THORIIQIL AULIYA' LI SYAIKH ZAINUDDIN AL-MALIBARI (ANALISIS BAlAGHAH))
14110078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL MUHASSINAT AL BADI'IYYAH FII KITAB HIDAYATUL ADZKIYA' ILLA THORIIQIL AULIYA' LI SYAIKH ZAINUDDIN AL-MALIBARI (ANALISIS BAlAGHAH))
14110078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini akan membahas mengenai badi’ yang terdapat dalam kitab hidayat al adzkiya’. Kitab Hidayat al adzkiya’ penulis pilih setidaknya karena dua alasan. Pertama, kitab ini banyak diajarkan di pesantren-pesantren di Indonesia. Pengalaman penulis selama berada di pesantren, kitab ini sering jadi pegangan utama para santri ketika belajar tentang tasawwuf. Kedua, badi’ dalam kitab ini menarik untuk diteliti lebih lanjut karena berkaitan dengan makna yang dipahami oleh pembaca. Dengan fokus meneliti badi’ yang ada pada kitab ini, diharapkan salah paham dalam memaknai keterangan yang terdapat dalam kitab tersebut bisa dihilangkan, atau setidaknya diminimalisir. Dalam bukunya yang berjudul “ kitab qowaid al lughotul arabiyyah” Hifny Bik Nashif memberikan Definisi tentang ilmu badi’ adalah ilmu untuk mengetahui aspek-aspek keindahan sebuah kalimat yang sesuai dengan keadaan, jika aspek-aspek keindahan itu ada pada makna, maka dinamakan dengan muhassinat al-maknawiyah.Dan apabila aspek keindahanitu ada pada lafadz, maka dinamakan dengan muhassinat al-lafdziyat. Kebetulan belum pernah ada satupun penelitian tentang badi’ yang mengambil objek material kitab hidayat adzkiya’ padahal kitab ini merupakan salah satu kitab paling populer dan pokok pada pembelajaran Islam di pesantren-pesantren. Tidak terlalu banyak badi’ yang ada di dalamnya, namun penting untuk dibedah maknanya karena banyak berhubungan dengan masyarakat muslim di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Mardjoko Indris, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Badi’, Kitab Hidayat Al Adzkiya’, Hifny Bik Nashif
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jul 2022 11:34
Last Modified: 14 Jul 2022 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52001

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum