SYAKHSIYYAH "IMRA'AH" FI RIWAYAH AL HUBB FI ZAMAN AL NAFT LI NAWAL AL SA'DAWI (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKULUJIYYAH LI ALFRED ADLER)

Oktavia Atika Faiz, NIM.: 18101010073 (2022) SYAKHSIYYAH "IMRA'AH" FI RIWAYAH AL HUBB FI ZAMAN AL NAFT LI NAWAL AL SA'DAWI (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKULUJIYYAH LI ALFRED ADLER). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SYAKHSIYYAH "IMRA'AH" FI RIWAYAH AL HUBB FI ZAMAN AL NAFT LI NAWAL AL SA'DAWI (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKULUJIYYAH LI ALFRED ADLER))
18101010073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (SYAKHSIYYAH "IMRA'AH" FI RIWAYAH AL HUBB FI ZAMAN AL NAFT LI NAWAL AL SA'DAWI (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKULUJIYYAH LI ALFRED ADLER))
18101010073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kepribadian adalah kombinasi dari berbagai aspek karakter individu yang unik dan menentukan upaya individu untuk beradaptasi dengan masyarakat yang bergerak dinamis setiap saat. Kepribadian seseorang tidak hanya ditentukan oleh orientasi seksual dan masa kecil saja, namun masa depan dan tujuan hidup juga mejadi peranan penting dalam membentuk kepribadian. Salah satu teori psikologi yang mengangkat kepribadian ditinjau dari tujuan hidupnya adalah psikologi kepribadian Alfred Adler. Dalam teorinya Adler membagi kepribadian orang ke dalam enam prinsip utama. Skripsi ini berjudul “Syakhs}iyyah Imra’ah fi> riwa>yati al-Hubbu fi> Zamani al-Naft} Li Nawa>l al-Sa’da>wi> (Dira>sah Tahliliyah Si>ku>lu>jiyyah Li Alfred Adler)” bertujuan untuk memaparkan mengenai kajian struktur kepribadian yang terdapat pada tokoh imra‟ah dalam novel al-Hubbu fi> Zamani al-Naft} karya Nawa>l al-Sa‟da>wi> ditinjau dari enam prinsip psikologi kepribadian. Dalam penelitian ini ditemukan enam konsep kepribadian yang terbentuk pada tokoh imra‟ah yang terbagi menjadi pertama, perjuangan menuju tujuan hidup yaitu (menemukan peninggalan patung Dewi Mesir dan mejadi Nabi) kedua, kompleksitas perasaan inferior yaitu (jenis kelamin, subjektivitas seksual terhadap perempuan, kurangnya pendidikan, dan kekerasan terhadap perempuan) ketiga, kompleksitas perasaan superior yaitu (percaya diri, ambisius, meniti karir, pemberani, dan kritis) keempat, gaya hidup yaitu (giat, produktif, dan sehat) kelima, minat sosial yaitu (berbaur dengan masyarakat dan bekerja layaknya masyakarat desa) keenam, diri kreatif yaitu (menjadi pasangan seorang pria di desa, inisitaif, solutif, dan membagi waktu dengan baik). Apabila kita melihat pada enam pokok teori psikologi kepribadian Alfred Adler yang tergambar dalam tokoh imra'ah maka dapat diambil kesimpulan bahwasanya imra'ah adalah seseorang perempuan yang memiliki sebuah struktur kepribadian yang ideal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh. Wakhid Hidayat, S.S., M.A.
Uncontrolled Keywords: Psikologi Kepribadian, Imra’ah, dan Patung Dewi Mesir
Subjects: Kesusastraan Arab > Novel - Sejarah
Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jul 2022 14:11
Last Modified: 14 Jul 2022 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52013

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum