UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KADISONO 1 TEMPEL

Giska Khoirul Maharani, NIM.: 14480119 (2018) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KADISONO 1 TEMPEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KADISONO 1 TEMPEL)
14480119_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KADISONO 1 TEMPEL)
14480119_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

III SD Negeri Kadisono 1 Tempel. Pada saat pra observasi 11 siswa terlihat kurang tertarik dan merasa bosan saat mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas. Kurangnya minat belajar siswa ini mempengaruhi kegiatan belajar mengajar di kelas III. Permasalahan lain yang muncul di kelas III pada saat proses belajar mengajar yaitu guru kurang variatif dalam melaksanakan proses belajar mengajar, pembelajaran yang dilakukan cenderung tekstual dan monoton. Hal ini yang menyebabkan minat belajar PKn siswa di kelas III masih rendah. Peneliti menggunakan strategi active knowledge sharing dalam penelitian ini. Strategi active knowledge sharing dipadukan dengan media audio visual yang dianggap mempunyai daya tarik tersendiri bagi siswa kelas rendah khususnya siswa kelas III yang pada usia 7 sampai 9 tahun menyukai pembelajaran dengan suasana yang menggembirakan. Penelitian ini bersifat kolaboratif dengan demikian kesan yang didapatkan siswa tentang materi pelajaran lebih kuat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80% dari jumlah siswa kelas III mendapat poin minimal 80 dalam observasi maupun angket minat siswa atau sama dengan di atas kriteria baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan minat belajar pada siswa kelas III SD Negeri Kadisono 1 Tempel. Pada kegiatan observasi prasiklus hanya 34.79 % siswa memperoleh poin di atas kriteria yang diharapkan dalam penelitian. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I minat belajar siswa meningkat 39.13% menjadi 73.92%. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 21.74% dari siklus I menjadi 95.66% minat belajar siswa di atas atau sama dengan kriteria “baik”. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan strategi active knowledge sharing yang dipadukan dengan media audio visual dalam pembelajaran Pkn telah meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: PTK, Active Knowledge Sharing, Minat Belajar, Pkn
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Jul 2022 11:12
Last Modified: 15 Jul 2022 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52053

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum