PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FITK UIN SUNAN KALIJAGA ANGKATAN 2014 TERHADAP KESIAPAN MEMASUKI PROFESI GURU BAHASA ARAB

Astri Deliany Nurlestary, NIM.: 1620410033 (2018) PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FITK UIN SUNAN KALIJAGA ANGKATAN 2014 TERHADAP KESIAPAN MEMASUKI PROFESI GURU BAHASA ARAB. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FITK UIN SUNAN KALIJAGA ANGKATAN 2014 TERHADAP KESIAPAN MEMASUKI PROFESI GURU BAHASA ARAB)
1620410033_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FITK UIN SUNAN KALIJAGA ANGKATAN 2014 TERHADAP KESIAPAN MEMASUKI PROFESI GURU BAHASA ARAB)
1620410033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

UU Nomor 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen menyebutkan bahwa guru dinyatakan sebagai pekerja profesional. Akan tetapi, Muhadjir Effendy menyebutkan bahwa profesionalisme guru masih belum memenuhi harapan. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab bertujuan untuk mempersiapkan calon-calon guru bahasa Arab yang profesional yang siap terjun ke dunia pendidikan. Akan tetapi pada kenyataannya masih banyak mahasiswa tingkat akhir maupun alumni jurusan Pendidikan Bahasa Arab yang belum siap memasuki profesi guru bahasa Arab disebabkan beberapa faktor. Melihat adanya permasalahan tersebut, maka perlu diteliti faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris tingkat minat menjadi guru, motivasi belajar bahasa Arab, dan kesiapan memasuki profesi guru bahasa Arab; pengaruh minat menjadi guru dan motivasi belajar bahasa Arab terhadap kesiapan memasuki profesi guru bahasa Arab pada mahasiswa jurusan bahasa Arab FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2014; serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2014 jurusan Pendidikan Bahasa Arab yang sudah mengikuti magang 3 dengan jumlah 96 mahasiswa serta menjadikan seluruh mahsiswa tersebut sebagai sampel. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari pengumpulan data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif dan uji hipotesis dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kesiapan memasuki profesi guru bahasa Arab terletak pada kriteria sedang yaitu sebesar 37,5%, tingkat minat menjadi guru terletak pada kriteria sedang yaitu sebesar 37,5%, dan tingkat motivasi belajar bahasa Arab terletak pada kriteria sedang yaitu sebesar 49%. (2) Minat menjadi guru berpengaruh positif terhadap kesiapan memasuki profesi guru bahasa Arab dengan nilai korelasi product moment rxy 0,714; serta nilai koefisien beta 0,592. (3) Motivasi belajar bahasa Arab berpengaruh positif terhadap kesiapan memasuki profesi guru bahasa Arab dengan nilai korelasi product moment rxy 0,675; serta nilai koefisien beta 0,416. (4) Hasil uji ANOVA/ Uji F (simultan) dan uji determinasi menunjukkan bahwa minat menjadi guru dan motivasi belajar bahasa Arab secara bersama-sama memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kesiapan memasuki profesi guru bahasa Arab pada mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angakatan 2014 sebesar 58,5%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, Minat, Motivasi, Profesi Guru
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Jul 2022 09:04
Last Modified: 20 Jul 2022 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52114

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum