PENGEMBANGAN BUKU BAHAN AJAR MAHARAH AL-QIRA’AH BERBASIS NILAI RELIGIUS BAGI MAHASISWA PBA STAI MASJID SYUHADA YOGYAKARTA

Hikmatul Lailaa, NIM.: 1620411061 (2018) PENGEMBANGAN BUKU BAHAN AJAR MAHARAH AL-QIRA’AH BERBASIS NILAI RELIGIUS BAGI MAHASISWA PBA STAI MASJID SYUHADA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU BAHAN AJAR MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH BERBASIS NILAI RELIGIUS BAGI MAHASISWA PBA STAI MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)
1620411061_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU BAHAN AJAR MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH BERBASIS NILAI RELIGIUS BAGI MAHASISWA PBA STAI MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)
1620411061_BAB-II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum ditemukannya buku bahan ajar mahārah al-qirā’ah yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Maka penelitian ini bertujuan untuk membuat produk berupa buku bahan ajar mahārah al-qirā’ah sekaligus menguji kelayakannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R & D) dengan model pengembangan Borg & Gall, yaitu: (1) studi pendahuluan dengan melakukan: (a) review terhadap bahan ajar yang ada, (b) menemukan potensi dan masalah pada saat observasi pembelajaran dan wawancara (c) penyebaran angket analisis kebutuhan, (2) mendesain produk, meminta tanggapan ahli dan merevisinya, (3) uji coba pada kelas kecil dan merevisi berdasarkan temuan akan kelemahan produk, (4) uji coba pada kelas besar dan merevisi produk, (5) produk akhir. Hasil penelitian ini adalah produk buku bahan ajar yang berjudul “al-basiṭ fī ta’līmiُ al-lughah al-‘arabiyyahُ -ُ mahāratul qirā’ah”. Buku bahan ajar ini terdiri dari (1) sampul, (2) kata pengantar, (3) petunjuk penggunaan, (4) silabus dan satuan scara pembelajaran, )5) daftar isi, (6) materi pokok yang terdiri dari naṣ, fahmul maqru’, qawā’id, tadrībāt, qiṣah qaṣīrah dan mahfūẓat (7) daftar pustaka.ُ Pendekatan yang digunakan dalam bahan ajar adalah pendekatan berbasis nilai religius. Materi-materi dalam bahan ajar dikontekskan dengan nilai-nilai religius, diantaranya: shidiq, amanah, tabligh, fathonah, ikhlas, adil, bijaksana, sabar, syukur, sopan, peduli, tanggung jawab, mandiri, cinta kebersihan dan cinta kedamaian.ُ Hasil validasi ahli desain pada komponen tampilan berkategori “baik” dan pada komponen penyajian berkategori “cukup baik”. Berdasarkan hasil validasi ahli materi pada komponen pembelajaran berkategori “baik”, komponen materi berkategori “baik” dan pada aspek kesesuaian nilai religius dengan materi berkategoi “baik”. Setelah uji coba kelas kecil, tanggapan dari mahasiswa pada komponen desain berkategori “baik” dan pada komponen isi/materi berkategori “baik”. Adapun penilaian mahasiswa uji coba kelas besar, pada komponenُ desain berkategori baik dan pada komponen isi/materi berkategori “baik”. Dengan demikian hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa buku bahan ajar layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran mahārah al-qirā’ah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Radjasa, M.Si
Uncontrolled Keywords: Buku Bahan Ajar, Maharah Al-Qira’ah, Nilai Religius
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Jul 2022 08:15
Last Modified: 21 Jul 2022 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52153

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum