PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PENANAMAN KARAKTER DENGAN PERMAINAN PETAK UMPET PADA SISWA KELAS DUA DI SDIT LUQMAN AL HAKIM SLEMAN

Siti Hapsoh, NIM.: 1420410155 (2018) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PENANAMAN KARAKTER DENGAN PERMAINAN PETAK UMPET PADA SISWA KELAS DUA DI SDIT LUQMAN AL HAKIM SLEMAN. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PENANAMAN KARAKTER DENGAN PERMAINAN PETAK UMPET PADA SISWA KELAS DUA DI SDIT LUQMAN AL HAKIM SLEMAN)
1420410155_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PENANAMAN KARAKTER DENGAN PERMAINAN PETAK UMPET PADA SISWA KELAS DUA DI SDIT LUQMAN AL HAKIM SLEMAN)
1420410155_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sejatinya seluruh pembelajaran yang diajarkan kepada siswa khususnya tingkat sekolah dasar tujuan utamanya adalah untuk pembentukan karakter bagi siswa tersebut, akan tetapi hal tersebut selama ini belum sepenuhnya mendapat perhatian oleh pendidik, begitu pula dengan pembelajaran bahasa Arab. Bahasa Arab selama ini diajarkan hanya bertujuan agar siswa memiliki keterampilan berbahasa dan sebagai alat komunikasi, padahal melalaui pembelajaran bahasa Arab ini bisa ditanamkan nilai-nilai karakter bagi siswa yang belajar bahasa Arab, sehingga nantinya siswa dapat berkomunikasi dengan bahasa Arab dan juga memiliki karakter yang baik.Pembelajaran bahasa Arab, selain mengajarkan keterampilan berbahasa dapat pula kita tanamkan beberapa karakter baik itu melalui bahasa Arab itu sendiri maupun melalui media yang kita gunakan dalam pembelajaran tersebut. Pembelajaran bahasa Arab di SDIT Luqman Al Hakim Sleman diajarkan kepada siswa mulai jenjang kelas satu, dengan demikian peneliti melakukan penelitian dengan judul pembelajaran bahasa Arab dan penanaman karakter dengan permainan petak umpet pada siswa kelas dua di SDIT Luqman Al Hakim Sleman dan penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun metode analisisnya yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu proses penanaman karakter pada siswa dalam pembelajaran bahasa Arab melalui dua cara yaitu melalui materi pembelajaran bahasa Arab dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab dan nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui pembelajaran bahasa Arab tersebut yaitu menghormati orang yang lebih tua, menyayangi yang muda, tata tertib ketika makan dan minum seperti berdo’a sebelum makan dan minum, mencuci tangan sebelum makan, tidak berlebih-lebihan ketika makan dan minum, makan dengan baik yaitu tidak makan dan minum dengan berdiri, menghormati makanan yaitu tidak membuang-buang makanan, tertib ketika membeli di kantin, menghormati penjual, membuang sampah makanan pada tempatnya, sholat dengan berjama’ah, tertib ketika sholat, tata cara berwudu’, membaca al-qur’an, tata tertib ketika berpergian, berdo’a ketika berpergian, mematuhi rambu lalu lintas, menghormati pengendara lain dan tata tertib ketika berkendaraan, bertanggung jawab, berani, percaya diri dan jujur, sedangkan dengan permainan petak umpet dalam pembelajaran bahasa Arab dapat menanamkan beberapa karakter kepada siswa yaitu: kerjasama, kesabaran, teliti, tolong menolong, kerja keras, dan demokratis. Proses penanaman karakter tersebut dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu juga pembelajaran bahasa Arab dengan permainan petak umpet dapat mengajarkan kepada siswa beberapa kemahiran berbahasa yaitu kemahiran membaca, kemahiran menulis, dan selain itu juga siswa dapat menghafal kosakata bahasa Arab dengan baik karena akhir dari permainan tersebut yaitu siswa harus menyetorkan kosakata bahasa Arab yang telah ditulis pada lembar LKS.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhajir, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Pendidikan Karakter, Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Bahasa Arab
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 27 Jul 2022 15:50
Last Modified: 27 Jul 2022 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52268

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum