PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU PANDUAN ṢALAT BERILUSTRASI 3-DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA SD

Tyas Akbar Gumilar, NIM.: 1420411069 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU PANDUAN ṢALAT BERILUSTRASI 3-DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA SD. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU PANDUAN ṢALAT BERILUSTRASI 3-DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA SD)
1420411069_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU PANDUAN ṢALAT BERILUSTRASI 3-DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA SD)
1420411069_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media yang menarik sangat diperlukan dalam pembelajaran PAI di setiap Pendidikan Dasar agar terciptanya pembelajaran yang berkualitas, khususnya pendidikan dasar. Dari bermacam jenis media yang dikembangkan, peneliti mengangkat pengembangan media buku berilustrasi 3dimensi untuk meningkatkan religiusitas siswa SD. Media ini menuntut guru mampu menilai kualitas pembelajaran melalui tingkat religiusitas siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah meningkatkan religiusitas siswa SD pada pembelajaran sholat oleh guru PAI. Bagaimanakan tingkat keterapan pengembangan buku panduan sholat dalam meningkatkan religiusitas siswa SD. Bagaimanakah dampak pengembangan buku panduan sholat berilustrasi 3-dimensi yang dihasilkan terhadap religiusitas siswa SD. Apakah media pembelajaran buku panduan sholat berilustrasi 3-dimensi yang dikembangkan ini efektif untuk meningkatkan religiustas siswa SD. Sampel yang diambil adalah kelas 2, 3 dan 4 SD INTIS School Yogyakarta. Dari hasil penelitian, pengembangan buku panduan shalat berilustrasi 3dimensi sangat baik. 1) Peningkatan religiustas siswa SD INITS School yang selama ini digunakan menggunakan dua perangkat yaitu buku penghubung dan perencanaan pembelajaran. Buku penghubung memiliki beberapa konten yang bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi perkembangan religiusitas siswa di rumah, yang mencakup sholat lima waktu, hafalan dan mengaji. 2) Tingkat keterapan pengembangan buku panduan sholat dalam meningkatkan religiusitas siswa SD INTIS School Yogyakarta mencakup validitas ahli, materi, ahli media dan teman sejawat. Media buku pendamping berilustrasi 3 dimensi yang dikembangkan layak digunakan dengan kriteria “Baik” ditinjau dari aspek media dan materi berdasarkan penilaian ahli, pendidik, dan teman sejawat. 3) Dampak pengembangan buku panduan sholat berilustrasi 3-dimensi yang dihasilkan terhadap religiusitas siswa mencakup hasil pengukuran kondisi awal siswa menampilkan hasil penilaian praktik shalat. Kelas 2, 98 % melakukan shalat dengan baik. Kelas 3 mencapai 94%. Dan kelas 4, 85 % penilaian praktik shalat. Pada tingkat ketuntasan materi shalat disimpulkan bahwa rata-rata nilai tes tulis siswa adalah baik dengan konstanta 82,3 % dan tes praktik siswa 92,3 % dari nilai KKM 75%. 4) Hasil evaluasi pembelajaran menunjukkan buku panduan sholat berilustrasi 3-dimensi cukup mampu meningkatkan religiusitas siswa terutama dimensi pengetahuan dan praktik. Analisis Gain menunjukan bahwa kelas 2 sebesar 0,31 atau 31 % dengan kategorisai sedang, kelas 3 sebesar 0,35 atau 35 % dengan kategorisasi sedang dan kelas 4 sebesar 0,18 atau 18 % dengan kategorisasi rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mahmud Arief, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Religiusitas Siswa, Pembelajaran Tiga Dimensi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 27 Jul 2022 15:51
Last Modified: 27 Jul 2022 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52271

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum