PENGEMBANGAN BAHAN AJAR QAWAID BAHASA ARAB DENGAN MODEL MIND MAP (TEORI GAGNE) DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NAHJATUS SHOLIHIN, REMBANG, JAWA TENGAH

Siti Mahdzuroh, NIM.: 1520410001 (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR QAWAID BAHASA ARAB DENGAN MODEL MIND MAP (TEORI GAGNE) DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NAHJATUS SHOLIHIN, REMBANG, JAWA TENGAH. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR QAWAID BAHASA ARAB DENGAN MODEL MIND MAP (TEORI GAGNE) DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NAHJATUS SHOLIHIN, REMBANG, JAWA TENGAH)
TESIS-1_SITI MAHDZUROH.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR QAWAID BAHASA ARAB DENGAN MODEL MIND MAP (TEORI GAGNE) DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NAHJATUS SHOLIHIN, REMBANG, JAWA TENGAH)
TESIS-2_SITI MAHDZUROH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan siswa yang mempunyai kemampuan qawaid yang berbeda-beda. Latar belakang pendidikan peserta didik sangat menyulitkan guru, karena banyak siswa yang sudah mahir bahasa Arab dan ada banyak juga yang tidak mahir. Akhirnya, diperlukan buku ajar yang bisa memenuhi kebutuhan siswa dari berbagai latar belakang pendidikan yang heterogen, karena buku ajar yang digunakan siswa berisi banyak tema materi, yang mana materi tersebut tidak berangkai dengan sedikit sekali pembahasan pada masing-masing tema. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konsep bahan ajar qawaid bahasa Arab yang sesuai untuk kelas X di Madrasah Aliyah Nahjatus Sholihin dan untuk meningkatkan efektifitas penggunaan bahan ajar qawaid dengan model mind map teori Gagne di Madrasah Aliyah Nahjatus Sholihin kelas X. Penelitian ini adalah penelitian research and development karena mengembangkan bahan ajar yang telah ada, yaitu berupa bahan ajar qawaid dengan model mind map. Adapun dalam pelaksanaanya menggunakan model ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery, and Evaluation. Hasil uji coba pakar buku pada penelitian ini menunjukkan bahwa, uji coba materi berada kualifikasi sangat tinggi yang materi tersebut layak dan tidak perlu revisi, uji coba desain pembelajaran berada pada kualifikasi tinggi yang desain pembelajaran tersebut layak dan tidak perlu revisi, uji coba bahasa berada pada kualifikasi tinggi yang bahasa tersebut layak dan tidak perlu revisi. Pada uji coba lapangan, nilai pretest diperoleh rata-rata hasil ujicoba yaitu 30 sedangkan untuk nilai posttest diperoleh nilai rata-rata hasil ujicoba yaitu 66.83, dengan hasil ahir menunjukkan bahwa semua siswa mengalami peningkatan hasil belajar setelah menggunakan buku ajar qawaid bahasa Arab model mind map (teori Gagne), dengan rata-rata peningkatan nilai sebesar 15,50, sehingga konsep bahan ajar qawaid dengan model mind map (teori Gagne) bisa meningkatkan efektifitas penggunaan bahan ajar qawaid untuk siswa kelas X di Madrasah Aliyah Nahjatus Sholihin karena adanya peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Tasman, M.A.
Uncontrolled Keywords: Teori Gagne, Pengembangan Bahan Ajar, Qawaid Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 29 Jul 2022 16:17
Last Modified: 29 Jul 2022 16:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52327

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum