PENGEMBANGAN MEDIA POSTER BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONOROGO

Anggraini Khoirotul Ummah, NIM.: 1520410046 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA POSTER BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONOROGO. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA POSTER BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONOROGO)
1520410046_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA POSTER BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONOROGO)
1520410046_BAB-II_sampai_SEBELUM-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis design development implementation evaluation) . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Angket untuk proses validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta digunakan untuk mendapatkan respon siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ponorogi. Data dianalisis dengan mengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan media poster bahasa Arab untuk siswa kelas X menggunakan metode pengembangan ADDIE dengan tahapan: identifikasi masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, proses pengembangan, implementasi (menggunakan media poster bahasa Arab sebagai nedia pembelajaran), evaluasi (revisi). (2) Implementasi media poster bahasa Arab sebagai media pembelajaran bahasa Arab dilakukan dengan metode diskusi. Ada beberapa manfaat penggunaan media poster bahasa Arab, diantaranya siswa menjadi lebih aktif dan proses pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru dan buku ajar. (3) Hasil validiasi ahli materi menunjukkan hasil sangat baik dengan nilai rata-rata 64. Validasi ahli media menunjukkan hasil baik dengan nilai 34,6. Validasi siswa memperoleh hasil sangat baik dengan nilai 50,0833. Uji kelayakan ahli materi menunjukkan presentase keidealan 91,4% (sangat layak). Sedangkan ahli media menunjukkan presentase keidealan 86,7% (sangat layak). Uji kelayakan dari siswa(pengguna) dengan hasil 83,5% (sangat layak). Total dari aspek penilaian adalah 261,5. Dari presentase tersebut didapat nilai X sebesar 87,16% yang menunjukkan kategori sangat layak karena berada pada rentang 81%-100% yang termasuk kategori sangat layak. Poster sebagai media pembelajaran bahasa Arab kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Ponorogo sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sigit Purnama. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Poster Bahasa Arab, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 29 Jul 2022 16:18
Last Modified: 29 Jul 2022 16:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52329

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum