MANAJEMEN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA (P2B) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Intan Firdausi, NIM.: 1520410051 (2018) MANAJEMEN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA (P2B) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA (P2B) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1520410051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA (P2B) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1520410051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pusat Pengembangan Bahasa didirikan guna membantu para mahasiswa untuk mendapatkan pelatihan mempelajari bahasa Arab. Lembaga ini memiliki program-program pengembangan bahasa Arab lainnya yang sangat menarik untuk diteliti. Peneliti beranggapan jika lembaga ini telah memiliki manajemen sistem yang baik tetapi juga tidak dapat dipungkiri jika terdapat kekurangan dalam sistem manajemennya, maka peneliti beranggapan hal ini yang perlu untuk diteliti dan dikaji lebih dalam guna mengetahui kelebihan serta kekurangan sistem manajemen pembelajaran di lembaga ini agar dapat menjadi bahan pertimbangan dalam evaluasi manajerial lembaga. Dari latar belakang masalah di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran bahasa Arab yang berisi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, dan mengkaji program-program pengembangan bahasa Arab di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh gambaran langsung dari manajemen pembelajaran bahasa Arab yang ada. Dalam mengevaluasi manajemen pembelajaran ini penulis menggunakan model evaluasi program CIPP yang berisi evaluasi konteks, input, proses, dan hasil serta menganalisisnya dengan analisis SWOT yang berisi analisis kekuatan, kelemahan, peluang, serta tantangan bagi lembaga. Berdasarkan analisis dan evaluasi, didapatkan hasil sebagai berikut: 1) manajemen pembelajaran; a) perencanaan pembelajaran di P2B dimulai dari placement test dan mengikuti jadwal pada kalender akademik universitas, Silabus dan SAP sudah disiapkan dan dicantumkan dalam modul pembelajaran; b) pengorganiasasian pembelajaran dimulai dari pengangkatan komite sesuai SK Rektorat dan pembagian tugas mengajar dilakukan oleh ketua divisi bahasa Arab; c) pelaksanaan pembelaajran dilakukan sebanyak 12 kali pertemuan dengan pembagian kelas sesuai kemampuan masing-masing mahasiswa; d) evaluasi pembelajaran dilakukan dengan pengadaan ujian post test yang hasilnya berupa sertifikat yang berguna untuk kepentingan akademik mahasiswa; 2) program pengembangan bahasa Arab tidak hanya berupa pelatihan tetapi juga terdapat program lain yang mengembangkan kemampuan berbahasa Arab mahasiswa; Evaluasi pengembangan pembelajaran bahasa Arab meliputi evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses, evaluasi produk, dan analisis SWOT. Melihat pencapaian ini dapat disimpulkan bahwa secara umum hasil evaluasi manajemen sudah baik hanya ada beberapa hal yang perlu ditinjau ulang seperti beberapa program yang belum bisa berjalan secara maksimal karena keterbatasan dana, SDM khusus, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengembangan Pendidikan, Pembelajaran Bahasa Arab, Evaluasi Program Pengembangan Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 29 Jul 2022 16:14
Last Modified: 29 Jul 2022 16:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52330

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum