ANALISIS BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB “CINTA BERBAHASA ARAB” JILID III KARYA HASIMI

Misbahul Munir, NIM.: 15420014 (2022) ANALISIS BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB “CINTA BERBAHASA ARAB” JILID III KARYA HASIMI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB “CINTA BERBAHASA ARAB” JILID III KARYA HASIMI)
15420014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB “CINTA BERBAHASA ARAB” JILID III KARYA HASIMI)
15420014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik buku pelajaran bahasa Arab pada tingkat Sekolah Dasar (SD) yang berjudul “Cinta berbahasa Arab” jilid III karya Hasimi. Mengenai kesesuaian bagi pelajar yang dasar atau non-Arab dan analisis kesesuaian buku teks bahasa Arab “Cinta Berbahasa Arab” jilid III karya Hasim dengan kondisi sosial dan budaya negara Indonesia berdasarkan seleksi, gradasi, prsentasi dan repetisi sebagai buku ajar. Jenis penelitian ini menggunakan studi pustaka dan analisis data yang digunakan peneliti adalah analisi deskriptif terkait buku ajar tersebut. Adapun langkah-langkah yang digunakan adalah pertama, menggali informasi buku, kedua, menentukan teori sebagai pedoman analisis, ketiga, mengkomparasikan materi yang terdapat dalam buku ajar dengan teori yang digunakan, keempat, mengklasifikasikan data berdasarkan pada kriteria yang dituangkan dalam rumusan masalah dan kelima, menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku pelajaran bahasa Arab “Cinta berbahasa Arab” jilid III karya Hasimi bahwa buku ini memiliki karakteristik, bahasa Arab yang digunakan fusha yang mendahulukan siswa untuk memiliki pengetahuan yang lebih dan buku ini merupakan metode yg paling afdhol digunakan dalam belajar bahasa arab pagi pelajar Indonesia khususnya usia 6-11 tahun. Dalam segi seleksi buku ini baik dikarenakan kosa kata yang digunakan tidak terlalu rumit sehingga akan mudah dimengerti. Selanjutnya dari segi gradasi buku ini sudah sistematis dalam penyajian materi yaitu dari yang mudah hingga yang rumit dan pola penyajiannya konsisten. Kemudian dari segi presentasi buku ini memiliki prosedur dari differensial, ostensif, piktoral, hingga konteks. Dan dari segi repetisi buku ini dapat menimbulkan kecintaan terhadap bahasa Arab serta dapat merubah paradigma peserta didik yang negatif (mengenggap bahasa Arab sulit). Selain itu buku ini juga telah mencakup empat aspek dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu istima’, kalam, qiraah dan kitabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.,
Uncontrolled Keywords: buku pelajaran; Bahasa Arab; sumber belajar
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Jul 2022 12:27
Last Modified: 29 Jul 2022 12:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52346

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum