PENGEMBANGAN LKS MATERI LUAS BANGUN DATAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS IV SD/MI

Nafi’atul Khasanah, NIM.: 15480018 (2022) PENGEMBANGAN LKS MATERI LUAS BANGUN DATAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKS MATERI LUAS BANGUN DATAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS IV SD/MI)
15480018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKS MATERI LUAS BANGUN DATAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS IV SD/MI)
15480018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan matematika perlu diajarkan dari jenjang pendidikan dasar karena matematika adalah ilmu dasar yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Geometri merupakan bagian dari matematika yang harus dipelajari siswa di sekolah. Karena dalam geometri dibahas obyek-obyek yang berhubungan dengan bidang datar dan ruang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Guru menuturkan bahwa siswa tidak tertarik belajar matematika karena tidak digunakannya alat peraga sebagai penunjang kegiatan pembelajaran, selain itu buku yang digunakan sebagai sumber belajar utama tidak mendukung siswa untuk ikut berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran dan tidak membantu siswa untuk berpikir kritis. Dari permasalahan tersebut, tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan LKS matematika materi luas bangun datar untuk siswa kelas IV SD/MI. Sedangkan kegunaan penelitian ini bagi perkembangan ilmu pengetahuan, memperkaya khasanah penelitian matematika, khususnya pendidik dan dapat digunakan sebagai referensi dalam penelitian selanjutnya. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Sedangkan teknik pengumpulan data dengan angket. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner atau angket bentuk check list. Teknik analisis datanya dengan teknik analisis data deskriptif. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan mengadaptasi model dari Robert Maribe Brach yakni menggunakan ADDIE, yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian pengembangan media ini berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, teman sejawat (peer reviewer) dan guru memperoleh rata-rata skor 4,6 serta termasuk dalam kategori “SB” (Sangat Baik). Respon peserta didik terhadap media pembelajaran LKS Materi Luas Bangun Datar memperoleh penilaian dengan skor mencapai 93% dan termasuk dalam kategori “Positif”. Berdasarkan hasil peneilitian ini, menunjukkan bahwa “Media Pembelajaran LKS Materi Luas Bangun Datar Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas IV SD/MI yang telah dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran Matematika di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Siti Fatonah, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: siswa; pengembangan LKS; matematika; sumber belajar; media pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Jul 2022 13:12
Last Modified: 29 Jul 2022 13:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52348

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum