IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I MI MUHAMMADIYAH BASIN DI MASA PANDEMI COVID-19

Siti Badriyatul Khasanah, NIM.: 15480027 (2022) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I MI MUHAMMADIYAH BASIN DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I MI MUHAMMADIYAH BASIN DI MASA PANDEMI COVID-19)
15480027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I MI MUHAMMADIYAH BASIN DI MASA PANDEMI COVID-19)
15480027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penilaian merupakan salah satu komponen dalam kegiatan belajar mengajar guna mengetahui ketercapaian dan keberhasilan peserta didik dalam belajar. Sangat penting bagi guru untuk melaksanakan penilaian dalam kondisi apapun. Misalnya di masa pandemi Covid-19, tidak menghalangi pelaksanaan penilaian autentik di MI Muhammadiyah Basin. Untuk itulah perlu dilakukan penelitian bagaimana implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran tematik. Adapun tujuannya adalah menganalisis pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik baik sikap, pengetahuan, maupun keterampilan, menganalisis teknik dan instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran tematik, serta menganalisis pelaksanaan PTS dan PAS di MI Muhammadiyah Basin. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena memberikan gambaran tentang permasalahan melalui analisis dengan menggunakan pendekatan ilmiah sesuai dengan keadaan sebenarnya yaitu untuk mendapatkan deskripsi atau gambaran umum tentang implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran tematik kelas 1 MI Muhammadiyah Basin di masa pandemi covid-19. Dalam proses pengumpulan data, penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu, observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) pelaksanaan penilaian autentik di MI Muhammadiyah Basin menyatu dengan proses pembelajaran melalui pemberian tugas dalam whatsapp group, pengamatan secara langsung perkembangan peserta didik ketika home visit, dan menggunakan komunikasi secara langsung dengan google meet pada saat pembelajaran online dan memberikan penjelasan materi. (2) instrumen dan teknik penilaian yang digunakan pada ranah sikap menggunakan observasi dan jurnal harian, ranah pengetahuan menggunakan soal yang dikirim melalui whatsapp group dan google form yang pengerjaannya dibantu orangtua. Dan untuk ranah keterampilan menggunakan penilaian unjuk kerja salah satunya adalah meronce. (3) pelaksanaan PTS dan PAS di MI Muhamadiyah Basin dilaksanakan secara daring, kemudian melalui pembagian lembar soal yang diambil orangtua ke sekolah, dikerjakan oleh peserta didik di rumah dan hasilnya dikumpulkan ke sekolah. PAS semester gasal melalui google form dibantu orangtua dengan diberi batas waktu pengerjaan yaitu maksimal pukul 20.00 WIB. Sedangkan PAT dilaksanakan secara tatap muka terbatas di sekolah, kelas dibagi menjadi dua sift sesuai nomor absen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: PTS; PAS; pembelajaran daring; pembelajaran tematik; pandemi covid-19
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Jul 2022 13:36
Last Modified: 29 Jul 2022 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52351

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum