PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF UNTUK MENILAI KEJUJURAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 MI / SD

Nadiatul Hidayah, NIM.: 17104080039 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF UNTUK MENILAI KEJUJURAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 MI / SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF UNTUK MENILAI KEJUJURAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 MI / SD)
17104080039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF UNTUK MENILAI KEJUJURAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 MI / SD)
17104080039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penilaian penting dilakukan dalam pembelajaran, karena penilaian ialah bagian utuh dari proses pembelajaran. Penilaian dianggap sebagai tiga pilar utama selain perencanaan dan pelaksanaan yang sangat menentukan dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, setiap siswa berhak mendapatkan penilaian dari tiga ranah yang ada. Pada pembelajaran jarak jauh saat ini guru lebih terfokus pada penilaian kognitif serta psikomotorik sehingga mengesampingkan penilaian afektif, hal ini dapat menyebabkan siswa tidak mendapat penilaian utuh dari ketiga ranah yang ada. Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan instrumen penilaian afektif untuk menilai kejujuran siswa dalam pembelajaran jarak jauh pada pembelajaran tematik kelas 4 MI / SD dengan menggunakan penelitian R&D (Research and Development) yang layak digunakan. Penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) dari buku Sugiyono yang terdiri atas 10 tahap dan dimodifikasi menjadi enam tahap sesuai kebutuhan penelitian, yaitu (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, dan (6) uji coba produk. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket berskala likert untuk menilai kelayakan produk. Penilaian dilakukan oleh seorang dosen ahli evaluasi, seorang dosen ahli psikologi, seorang guru tematik kelas 4, lima orang peer reviewer, serta diuji coba skala kecil kepada 27 siswa kelas 4 MI/SD. Data yang didapat berupa data kuantitatif dan kualitatif yang nantinya dianalisis untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan instrumen penilaian diri untuk menilai sikap jujur siswa pada pembelajaran tematik kelas 4 MI/SD yang layak dan reliabel. Dengan demikian, instrumen penilaian afektif untuk menilai kejujuran siswa ini dapat digunakan guru untuk menilai sikap siswa dalam pembelajaran jarak jauh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; sikap jujur; penilaian diri; pembelajaran tematik
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Aug 2022 14:58
Last Modified: 01 Aug 2022 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52370

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum