PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI SISTEM PERNAFASAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS

Makmun Syukri, NIM.: 08680033 (2014) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI SISTEM PERNAFASAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI SISTEM PERNAFASAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (743kB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI SISTEM PERNAFASAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran biologi dalam bentuk video animasi sistem pernafasan untuk siswa kelas VIII SMP/MTs, (2) Mengetahui kualitas video animasi sistem pernafasan sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran biologi untuk siswa kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Namun pada penelitian ini hanya mencakup tahap ADDE. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar angket yang mencakup aspek kebenaran, keluasan konsep, kebahasaan, tampilan, keterlaksanaan dan evaluasi belajar. Kualitas media pembelajaran dinilai oleh reviewer (1 ahli media, 1 ahli materi, dan 5 peer reviewer, 2 guru biologi dan respon dari 15 siswa kelas kelas VIII SMP Ali Maksum Yogyakarta melalui ujicoba terbatas). Data nilai kualitas yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif berdasarkan kategori penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran biologi dalam bentuk video animasi sistem pernafasan yang dikembangkan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) yang dilakukan sampai tahap development. Berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, peer reviewer, dan guru ditinjau dari keseluruhan aspek menunjukkan kualitas media pembelajaran biologi video animasi sistem pernafasan termasuk kategori Sangat Baik (SB), sedangkan respon siswa termasuk kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran biologi video animasi sistem pernafasan yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dian Noviar, M. Pd. Si
Uncontrolled Keywords: Video Animasi, Adobe Flash Cs5, Sistem Pernafasan, Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 02 Aug 2022 10:09
Last Modified: 02 Aug 2022 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52386

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum