HURF AL JAR WA AL ATHF WA MA'ANIHIMA WA TATBIQIHIMA FI FAHM ULUM AL NAHW (DIRASAH TAHLILIYYAH AL NAHWIYYAH)

Fitrah Wahyudi, NIM.: 10420076 (2014) HURF AL JAR WA AL ATHF WA MA'ANIHIMA WA TATBIQIHIMA FI FAHM ULUM AL NAHW (DIRASAH TAHLILIYYAH AL NAHWIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HURF AL JAR WA AL ATHF WA MA'ANIHIMA WA TATBIQIHIMA FI FAHM ULUM AL NAHW (DIRASAH TAHLILIYYAH AL NAHWIYYAH))
10420076 - File 1.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HURF AL JAR WA AL ATHF WA MA'ANIHIMA WA TATBIQIHIMA FI FAHM ULUM AL NAHW (DIRASAH TAHLILIYYAH AL NAHWIYYAH))
10420076 - File 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermula dari kegelisahan penulis bahwa banyak siswa,mahasiswa bahkan santri sekalipun merasa kesulitan belajar dalam memahami ilmu nahwu Contoh kesulitan tata bahasa Arab/ nahwu ini antara lain karena dalam bahasa Arab diketahui adanya teori I’rab ( perubahan harokat dan huruf di akhir kata) yang disebabkan karena ada amil ( kata yang bisa mempengaruhi kata sesudahnya), teori tawabi’ ( teori penyesuaian I’rab kata dengan kata sebelumnya), teori harf ( penggunaan harf dalam membaca kitab ) dan masih banyak kaidah-kaidah lain yang menyulitkan bagi para pelajar dimana kaidah-kaidah itu tidak ada dalam bahasa Indonesia. Namun di sisi lain kerumitan ini justru sebagai bukti bahwa bahasa Arab mempunyai kelebihan dan menunjukkan bahwa bahasa Arab itu kaya. Dengan gambaran adanya beberapa kesulitan penguasaan nahwu bagi pelajar maka kami disini mencoba menyederhanakan materi nahwu khususnya di bagian huruf jar dan huruf athof, agar lebih mudah difahami dan di mengerti. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian yang obyek utamanya adalah buku-buku atau sumber kepustakaan lain. Maksudnya, data dicari dan ditemukan melalui kajian pustaka dari buku-buku yang relevan dengan pembahasan.Kegiatan studi termasuk kategori penelitian kualitatif dengan prosedur kegiatan dan teknik penyajian finalnya secara deskriptif. Maksudnya, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran utuh dan jelas tentang bagaimana implikasi huruf jar dan huruf athof dalam memahami ilmu nahwu. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ulamaulama nahwu berbeda pendapat dalam jumlah huruf jar, ada yang mengatakan huruf jar berjumlah17, dan ada juga yang mengatakan berjumlah 20 dan yang lain berpendapat jumlah huruf jar 21,dan begitupun dengan huruf athof, ulama juga berbeda pendapat dalam jumlah huruf athof,sebagian dari mereka mengatakan jumlah huruf athof ada 9 dan sebagiannya lagi mengatakan 10. (2) huruf dalam bahasa arab,contoh huruf jar dan athof,tidak selamanya digunakan sebagai huruf jar atau sebagai huruf athof,tapi sebagian dari huruf itu bisa digunakan sebagai huruf yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Ahmad Rodli, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Huruf Jer, Athof, Teori I’rab
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab - Kata Kerja
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 02 Aug 2022 11:54
Last Modified: 02 Aug 2022 11:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52402

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum