PERILAKU MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI YOGYAKARTA DALAM PROSES PENELUSURAN INFORMASI

Agar Sandi Putra, NIM.: 09140030 (2013) PERILAKU MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI YOGYAKARTA DALAM PROSES PENELUSURAN INFORMASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERILAKU MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI YOGYAKARTA DALAM PROSES PENELUSURAN INFORMASI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA···.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI YOGYAKARTA DALAM PROSES PENELUSURAN INFORMASI)
BAB II, III, IV·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Agar Sandi Putra (2013) “PERILAKU MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI YOGYAKARTA DALAM PROSES PENELUSURAN INFORMASI” . Penelitian tentang Perilaku mahasiswa ilmu perpustakaan universitas islam negeri yogyakarta dalam proses penelusuran informasi ini bertujuan untuk mengetahui perilaku mahasiswa dalam melakukan penelusuran informasi, dan bagaimana seorang mahasiswa memperlakukan informasi yang diperoleh setelah melakukan penelusuran informasi penelitian ini dilakukan pada mahasiswa ilmu perpustakaan dengan pertimbangan mereka dianggap lebih mengerti dan memahami tentang perpustakaan dan secara ilmu mereka juga lebih mengerti fungsi, tujuan, cara kerja, dan kegunaan sebuah perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan adalah variable tunggal yaitu perilaku mahasiswa dalam proses penelusuran informasi. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 73 mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, kuisioner, wawancara dan dokumentasi dengan beberapa responden untuk memperoleh jawaban sejelas mungkin dan fakta fakta yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) Untuk memenuhi kebutuhan informasi tentang perkuliahan (52,05%). (2) Untuk memenuhi kebutuhan informasi terkini yang terdapat pada internet (54,79%). (3) Untuk memenuhi kebutuhan informasi yang tidak terkait langsung dengan jurusannya, sebagian mahasiswa membutuhkan informasi yang terdapat pada internet. (4) Rata-rata (60,27%) informasi yang diperoleh oleh mahasiswa di copy paste karena lebih mudah dilakukan. (5) Alat penelusuran informasi yang sering digunakan oleh hamper setengah mahasiswa (47,94%) adalah OPAC, tetapi hamper setengah mahasiswa (31,50%) menyatakan alat penelusuran yang paling mudah adalah internet. (6) Bila informasi yang dibutuhkan tidak ditemukan, maka sebagian besar mahasiswa (49,31%) mencari informasi keperpustakaan lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Labibah M.LIS
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Internet, Perilaku Mahasiswa
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Temu Kembali Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 04 Aug 2022 09:30
Last Modified: 04 Aug 2022 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52431

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum