PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN STEM-PjBL

Makhilatul Sa’adah, NIM.: 18106070047 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN STEM-PjBL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN STEM-PjBL)
18106070047__BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN STEM-PjBL)
18106070047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Google sites merupakan salah satu platform yang dimiliki Google untuk membuat situs web dengan mudah dan gratis. Adanya perkembangan era digitalisasi pendidikan, menjadikan pembelajaran harus tervisualisasi secara digital melalui komputer. Google sites menjadi salah satu alternatif untuk membuat media pembelajaran digital, tak terkecuali media pembelajaran kesetimbangan kimia. Kesetimbangan kimia merupakan materi yang memiliki karakteristik abstrak sehingga peserta didik masih menemui kesulitan dalam memahami konsep-konsep di dalamnya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis google sites pada materi kesetimbangan kimia dengan pendekatan STEM-PjBL dan menganalisis kualitas produk berdasarkan validasi ahli materi dan media serta berdasarkan penilaian reviewer (pendidik kimia SMA/MA), dan respon peserta didik. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Namun, pada penelitian ini tahap implementation dan evaluation tidak dilakukan. Produk ditinjau oleh dosen pembimbing dan empat peer reviewer. Produk divalidasi oleh satu ahli materi dan satu ahli media. Kualitas produk dinilai oleh lima pendidik kimia SMA/MA dan direspon oleh 13 peserta didik. Validasi dan penilaian kualitas produk dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk akhir dari pengembangan ini adalah media pembelajaran berbasis google sites pada materi kesetimbangan kimia dengan pendekatan STEM-PjBL. Media pembelajaran dilengkapi video pembelajaran, artikel pendukung, dan proyek untuk mendukung pendekatan STEM-PjBL yang diterapkan dalam media pembelajaran. Hasil validasi produk oleh ahli materi memperoleh persentase 95% dengan kategori Sangat Baik (SB). Hasil validasi produk oleh ahli media memperoleh persentase 100% dengan kategori Sangat Baik (SB). Hasil penilaian dari lima reviewer (pendidik kimia SMA/MA) memperoleh persentase 91,62 % dengan kategori Sangat Baik (SB). Produk mendapatkan respon positif dari peserta didik dengan memperoleh persentase sebesar 96%. Berdasarkan hal tersebut, media hasil pengembangan layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si.,M.Sc
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; google sites, kesetimbangan kimia; bahan ajar STEM-PjBL
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Aug 2022 10:21
Last Modified: 24 Jan 2023 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52538

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum