Rifa Faizatun Nufus, NIM.: 18104020022 (2022) EFEKTIVITAS METODE HAFALAN AMTSILAH-TASRIFIYAH TERHADAP PENGUASAAN AL-QAWĀ’ID ASH-SHORFIYAH SANTRI KELAS IBTIDA 2 PONDOK PESANTREN AL-URWATUL WUSTHA GUNUNG KONDANG TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EFEKTIVITAS METODE HAFALAN AMTSILAH-TASRIFIYAH TERHADAP PENGUASAAN AL-QAWĀ’ID ASH-SHORFIYAH SANTRI KELAS IBTIDA 2 PONDOK PESANTREN AL-URWATUL WUSTHA GUNUNG KONDANG TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022)
18104020022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (EFEKTIVITAS METODE HAFALAN AMTSILAH-TASRIFIYAH TERHADAP PENGUASAAN AL-QAWĀ’ID ASH-SHORFIYAH SANTRI KELAS IBTIDA 2 PONDOK PESANTREN AL-URWATUL WUSTHA GUNUNG KONDANG TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022)
18104020022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan hafalan kitab Amtsilah Tasrifiyyah penguasaan Al-Qawā’id Ash-Shorfiyyah dan Efektivitas Metode Hafalan Amtsilah Tasrifiyyah terhadap penguasaan Al-Qawā’id Ash-Shorfiyyah santri kelas Ibtida 2 Pondok Pesantren Al ‘Urwatul Wustha Gunung Kondang Tasikmalaya. Dengan demikian penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan penguasaan Sharaf khususnya santri kelas Ibtida 2 Pondok Pesantren Al Urwatul Wustha Gunung Kondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitiannya merupakan Eksperimental Research yang datanya bersifat perbandingan. Analisis datanya menggunakan uji t dengan persyaratan analisis uji normalitas menggunakan Kolmogrov-Smirnov dan uji homogenitas. Untuk mengetahui seberapa besar efektivitas metode hafalan Amtsilah Tasrifiyyah terhadap penguasaan Al-Qawā’id Ash-Shorfiyyah santri kelas Ibtida 2 Pondok Pesantren Al Urwatul Wustha Gunung Kondang Tasikmalaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya rata-rata santri Ibtida Putri sebelum diterapkan metode hafalan sebesar 75, sedangkan nilai rata-rata santri Ibtida Putra sebelum diberi perlakuan sebesar 64. Adapun rata rata santri Ibtida Putri setelah diterapkan metode hafalan sebesar 84, sedangkan nilai rata-rata santri Ibtida Putra setelah diberi perlakuan sebesar 68. Dari hasil analisi uji t diperoleh nilai signifikansi 0,000. Artinya, metode hafalan Amtsilah Tasrifiyyah berpengaruh terhadap penguasaan Al-Qawā’id Ash-Shorfiyyah santri kelas eksperimen. Dan dari hasil N-Gain kelas Ibtda 2 Putri sebesar 9 sedangkan kelas Ibtida Putra sebesar 5. Bahawasanya, kelas yang diberikan metode hafalan Amtsilah Tasrifiyyah berpengaruh terhadap penguasaan Al-Qawā’id Ash-Shorfiyyah santri kelas Ibtida 2 Pondok Pesantren Al Urwatul Wustha Gunung Kondang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembmbing: Dr. H. Maksudin M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | metode hafalan; metode mahfudhot; penguasaan Qawaid Shorfiyyah; pembelajaran bahasa Arab |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 15:04 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 15:04 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52557 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |