KONSEP MANAJEMEN QOLBU K.H. ABDULLAH GYMN'ASTIAR (Aa GYM) SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN MORAL BANGSA INDONESIA (1990-2003)

Gamma Tari Hapsari, NIM.00120097 (2004) KONSEP MANAJEMEN QOLBU K.H. ABDULLAH GYMN'ASTIAR (Aa GYM) SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN MORAL BANGSA INDONESIA (1990-2003). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP MANAJEMEN QOLBU K.H. ABDULLAH GYMN'ASTIAR (Aa GYM) SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN MORAL BANGSA INDONESIA (1990-2003))
00120097_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (895kB) | Preview
[img] Text (KONSEP MANAJEMEN QOLBU K.H. ABDULLAH GYMN'ASTIAR (Aa GYM) SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN MORAL BANGSA INDONESIA (1990-2003))
00120097_Bab II_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kehadiran K.H. Abdullah Gymnastiar menjadi bagian sejarah yang penting. Melalui Manajemen Qolbu yang dibawanya Aa Gym menebarkan nilai-nilai agung dan universal Islam kepada seluruh umat. Kehadiran Aa Gym juga telah membantah disertasi Zamakhsyari Dhofier yang mengatakan bahwa ulama dilahirkan dari kalangan ulama pula. Aa Gym tidak pemah dididik secara khusus di pesantren, dan bukan datang dari kalangan ulama. Munculnya konsep Manajemen Qolbu dilatarbelakangi oleh keprihatinan Aa Gym terhadap keterpurukan moral yang melanda bangsa Indonesia. Sikap dan perilaku manusia bersumber dari qalb (hati), maka dakwah hams dimulai dari persoalan-persoalan hati. Hati bisa berperan sebagai pemandu sekaligus pengontrol bagi semua tingkahlaku manusia. Aa Gym berupaya menyajikan ceramahnya melalui tema-tema yang terkait dengan hati. Materi dakwahnya berkaitan dengan tema-tema tasawuf yang menitiktekankan pada persoalan jiwa dan hati. Manajemen Qolbu (MQ) yang disampaikan oleh Aa Gym adalah merupakan methode yang mengajak jamaahnya untuk menselaraskan olah fikir, olah hati dan olah tindakan. Intinya adalah memenej dan memelihara kebeningan hati. Manajemen Qolbu (MQ) sangat relevan untuk diterapkan pada masa sekarang ini dalam rangka pembentukan muslim yang ideal yang dapat membawa rahmat bagi semesta alam (rahmatan 1i1 alamin). Dimana pada masa sekarang ini masyarakat muslim khususnya di Indonesia banyak dilanda krisis akhlak atau moral sehingga membawa bencana bagi kehidupan masyarakat. Hal itu tidak lain disebabkan karena hatinya kotor dan banyak penyakit hati yang berjangkit. Oleh karena itu Manajemen Qolbu hadir dengan format yang sederhana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Imam Muhsin S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Qolbu,  KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Aug 2022 14:20
Last Modified: 18 Aug 2022 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52569

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum