KORELASI MINAT MASUK DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAN JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI FAKULTAS ADAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Sugeng Hariyanto, NIM. 03141664 (2006) KORELASI MINAT MASUK DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAN JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI FAKULTAS ADAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI MINAT MASUK DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAN JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI FAKULTAS ADAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
03141664_Bab I_Bab VI_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KORELASI MINAT MASUK DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAN JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI FAKULTAS ADAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
03141664_Bab II_Bab III_Bab IV_Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, penulis memiliki tiga pokok rumusan masalah, yaitu bagaimana minat masuk mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Jurusan IPI Fakultas Adab DIN Sunan Kalijaga Y ogyakarta, bagaimana prestasi belajar mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Jurusan IPI Fakultas Adab DIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, adakah korelasi antara minat masuk dengan prestasi belajarnya. Dalam penulisan skripsi ini penulis mempunyai alasan sebagaimana yang dikatakan Suryabrata (1989: 11) bahwa sebaiknya jurusan atau bidang studi itu dipilih yang benar-benar sesuai dengan minat pelajar, karena dengan demikian dapat diharapkan hasil belajar yang lebih baik. Menurut Syah (1995:136) secara sederhana, minat berarti kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Dia juga menambahkan bahwa terlepas dari pupuler atau tidak, minat seperti yang dipahami dan dipakai oleh orang selama ini dapat mempengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar dalam bidang-bidang studi tertentu. Misalnya, seseorang yang menaruh minat besar terhadap jurusan atau program studi tertentu akan memusatkan perhatiannya lebih banyak daripada siswa lainnya. Dntuk memperoleh data yang lengkap dan valid, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode dokumentasi, observasi, wawancara, angket dan teknik analisis data dengan menggunakan metode induktif dan deduktif. Hasil dari penelitian ini adalah minat mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab DIN Sunan Kalijaga Y ogyakarta termasuk dalam kategori sedang, karena 35 mahasiswa atau 70% mempunyai minat berkategori sedang, sedangkan 7 mahasiswa atau 14% mempunyai minat berkategori tinggi, dan 8 mahasiswa atau 16% mempunyai minat berkategori rendah. Dntuk prestasi belajamya termasuk dalam kategori sedang pula, karena 40 mahasiswa atau 80% mempunyai prestasi berkategori sedang, sedangkan 6 mahasiswa atau 12% mempunyai prestasi berkategori rendah, sedangkan 4 mahasiswa atau 8% mempunyai nilai berkategori tinggi. Simpulan akhir dari penelitian ini adalah ada korelasi positif antara minat masuk dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Saran-saran bagi Jurusan, diharapkan agar dapat mendukung dan meningkatkan upaya-upaya untuk meningkatkan minat masuk ke jurusan ini dengan menghasilkan sarjana-sarjana informasi yang profesional dan kompeten di bidangnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Umar Sidik, SIP
Uncontrolled Keywords: Minat, prestasi belajar
Subjects: Perpustakaan > Minat Baca
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Sep 2022 11:32
Last Modified: 02 Sep 2022 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52686

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum