IDENTIFIKASI KELUHAN-KELUHAN SUBYEKTIF AKIBAT KERJA pada PUSTAKA WAN BAGIAN SIRKULASI UPT PERPUSTAKAAN UNY (Pendekatan Ergonomis)

Firtriana Tjiptasari, NIM. 04142031 (2006) IDENTIFIKASI KELUHAN-KELUHAN SUBYEKTIF AKIBAT KERJA pada PUSTAKA WAN BAGIAN SIRKULASI UPT PERPUSTAKAAN UNY (Pendekatan Ergonomis). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI KELUHAN-KELUHAN SUBYEKTIF AKIBAT KERJA pada PUSTAKA WAN BAGIAN SIRKULASI UPT PERPUSTAKAAN UNY (Pendekatan Ergonomis))
04142031_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI KELUHAN-KELUHAN SUBYEKTIF AKIBAT KERJA pada PUSTAKA WAN BAGIAN SIRKULASI UPT PERPUSTAKAAN UNY (Pendekatan Ergonomis))
04142031_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keluhan-keluhan subyektif akibat kerja yang mungkin timbul dan dialami para pustakawan. Penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan sampel bertujuan (purposive sample). Sehingga subyek penelitiannya adalah 9 orang pustakawan UPT Perpustakaan UNY yang ditempatkan di bagian sirkulasi. Pendekatan yang dilakukan adalah kualitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan bantuan lembar Nordic Body Map (NBM), wawancara untuk mengetahui demografi pustakawan, pengorganisasian kerja, dan lingkungan fisik kerja, foto dan data statistic. Dari hasil penelitian diketahui bahwa 7 orang responden mengeluhkan nyeri pada leher, 6 orang pada pergelangan/tangan kanan dan punggung, 5 orang pada pantat, 4 orang pada kedua bahu dan satu/dua-duanya dari pergelangan tangan, 3 orang pada bahu kanan dan siku kanan, dan 2 orang pada satu/dua-duanya dari lutut. Gangguan pada tubuh ini dimungkinkan karena penataan dan penggunaan peralatan perkantoran yang seadanya pada layanan sirkulasi, dan juga adanya faktor individual seperti usia, penyakit yang sudah diderita dan diabetes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Lasa HS.,M.Si
Uncontrolled Keywords: keluhan subyektif-pustakawan, ergonomi
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Sep 2022 15:31
Last Modified: 05 Sep 2022 15:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52740

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum