MOTIV ASI PUSTAKA WAN PERGURUAN TINGGI NEGERI (PTN) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) DALAM PENULISAN ARTIKEL YANG DIPUBLIKASIKAN MEDIACETAK

Erni Susulowati, NIM.04142032 (2006) MOTIV ASI PUSTAKA WAN PERGURUAN TINGGI NEGERI (PTN) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) DALAM PENULISAN ARTIKEL YANG DIPUBLIKASIKAN MEDIACETAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIV ASI PUSTAKA WAN PERGURUAN TINGGI NEGERI (PTN) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) DALAM PENULISAN ARTIKEL YANG DIPUBLIKASIKAN MEDIACETAK)
04142032_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MOTIV ASI PUSTAKA WAN PERGURUAN TINGGI NEGERI (PTN) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) DALAM PENULISAN ARTIKEL YANG DIPUBLIKASIKAN MEDIACETAK)
04142032_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pustakawan memiliki peluang yang besar untuk menulis di media cetak sebab mereka memiliki kedekatan dan kemudahan dalam memperoleh sumber-sumber informasi yang diperlukan. Namun demikian, pustakawan sangat sedikit memberikan kontribusi dalam penulisan di media cetak. Salah satu sebabnya adalah minimnya penguasaan keterampilan menulis serta rendahnya motivasi sebagai pemacu kemampuan diri pustakawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi yang mendorong pustakawan untuk menulis artikel yang dipublikasikan lewat media cetak. Selain itu untuk mengetahui motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik yang mendorong pustakawan untuk menulis artikel di media cetak. Motivasi pustakawan dalam menulis artikel juga dilihat dari tingkat pendidikan, pengalaman kerja, usia, jenis kelamin dan keikutsertaan dalam pelatihan kepenulisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif survey. Populasi dalam penelitian ini adalah pustakawan 3 perguruan tinggi negeri di DIY , yaitu UGM, UNY, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sampel ditentukan secara area random sampling dari ketiga perguruan tinggi yang ada. Data yang diperlukan didapat dengan metode: (I) angket untuk pustakawan sampel, (2) wawancara kepada 5 orang pustakawan senior, dan (3) studi pustaka untuk melengkapi data penelitian. Simpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Motivasi paling kuat yang melatarbelakangi pustakawan dalam menulis artikel di media cetak adalah motivasi angka kredit, dengan skor 3,81. (2) Motivasi intrinsik lebih besar pengaruhnya darlpada motivast ekstrinsik dala.m mcndorong pustakawan untuk menulis artikel di media cetak. (3) Hal yang mempengaruhi motivasi pustakawan untuk menulis artikel di media cetak adalah jenjang kepustakawanan, tingkat pendidikan, dan keikutsertaan dalam pelatihan teknik penulisan. ( 4) Hal yang kurang mempengaruhi motivasi pustakawan untuk menulis artikel di media cetak, antara lain usia, jenis kelamin, dan lamanya bekerja di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Lasa Hs, M. Si,
Uncontrolled Keywords: Motivasi, pustakawan, menulis
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Sep 2022 13:53
Last Modified: 06 Sep 2022 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52751

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum