INTENSI MUSLIM DI KABUPATEN BATANG DALAM BERZAKAT (STUDI EMPIRIS FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL)

Mita Amelia Savira Gumilar, NIM.: 18108040052 (2022) INTENSI MUSLIM DI KABUPATEN BATANG DALAM BERZAKAT (STUDI EMPIRIS FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Intensi Muslim di Kabupaten Batang dalam Berzakat (Studi Empiris Faktor Internal dan Eksternal))
18108040052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Intensi Muslim di Kabupaten Batang dalam Berzakat (Studi Empiris Faktor Internal dan Eksternal))
18108040052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Batang merupakan kabupaten yang mayoritas penduduknya beragama Islam, namun pembayar zakat di Batang masih cukup rendah. Hal tersebut dikarenakan kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga amil zakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis intensi muslim di Kabupaten Batang dalam berzakat dengan studi empiris faktor internal (minat, religiusitas dan kepercayaan) dan faktor ekternal (transparansi laporan keuangan, akuntabilitas, reputasi lembaga dan pengelolaan). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di wilayah Batang Jawa Tengah. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan untuk menentukkan jumlah sampel menggunakan usulan dari Hair et.al (2010). Data yang digunakan menggunakan media kuesioner online yang kemudian dianalisis menggunakan model Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transparansi berpengaruh secara negatif dan signifikan. Akuntabilitas, repuatsi lembaga dan pengelolaan berpengaruh positif dan signifikan sedangkan untuk religiusitas tidak berpengaruh dan tidak signifikan. Kepercayaan tidak mampu memoderasi variabel transparansi, akuntabilitas, religiusitas, reputasi lembaga dan pengelolaan terhadap intensi muslim di Kabupaten Batang dalam berzakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Galuh Tri Pambekti, S.E.I., M.E.K
Uncontrolled Keywords: Zakat, Transparansi, Akuntabilitas, Religiusitas, Reputasi Lembaga, Pengelolaan, Kepercayaan, dan Minat.
Subjects: Ekonomi Islam > Akuntansi Syari'ah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 11:45
Last Modified: 22 Sep 2022 11:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52998

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum