MINAT GENERASI MILENIAL MEMBAYAR ZAKAT PADA BAZNAS KOTA SURAKARTA

Ahmad Naufal Fadhlurrahman, NIM.: 18208011012 (2022) MINAT GENERASI MILENIAL MEMBAYAR ZAKAT PADA BAZNAS KOTA SURAKARTA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MINAT GENERASI MILENIAL MEMBAYAR ZAKAT PADA BAZNAS KOTA SURAKARTA)
18208011012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MINAT GENERASI MILENIAL MEMBAYAR ZAKAT PADA BAZNAS KOTA SURAKARTA)
18208011012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Masalah kesenjangan penghimpunan dana zakat yang tidak sepenuhnya didistribusikan memiliki kontribusi pada persepsi negatif dan efek tingkat kepercayaan di antara pembayar zakat. Namun, ketika tingkat kepercayaan di antara stakeholder menurun, masalah zakat mengalami kebocoran karena mereka lebih bersedia untuk memberikan zakat langsung ke asnaf lokal dan mengabaikan orang lain. Dalam hal ini, masalah ini perlu segera diatasi untuk mengoptimalkan lanjut koleksi zakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh religiusitas, sikap, transparansi, dan reputasi berpengaruh positif secara simultan atau parsial terhadap minat membayar zakat di kalangan milenial di Surakarta. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Untuk penelitian ini, populasi masyarakat muslim kota Surakarta termasuk dalam kategori milenial. Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah data primer. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan metode observasional, angket/survei dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan analisis regresi berganda. Hasil survei yang diolah dengan program SPSS Versi 20.0 for windows menunjukkan bahwa pengaruh variabel bebas (religiusitas, sikap, transparansi, dan reputasi) terhadap variabel terikat (minat membayar zakat) adalah 18,6% berbanding 81,4% ditunjukkan bahwa ada Hal ini dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel religiusitas dan reputasi berpengaruh terhadap minat muzakki pada umumnya dan milenial yang membayar zakat di lembaga zakat pada khususnya. Variabel lainnya yaitu sikap dan transparansi tidak mempengaruhi minat membayar zakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Afdawaiza, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Sikap, Transparansi, Reputasi, Minat Membayar Zakat
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 11:47
Last Modified: 22 Sep 2022 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53013

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum