AL SHAKHS AL RA'ISI JUM'AH FI AL QISSAH AL QASIRAH "MAW'ID" LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH LI SIGMUND FREUD)

Muhammad Sayyid An Nabiil, NIM.: 18101010064 (2022) AL SHAKHS AL RA'ISI JUM'AH FI AL QISSAH AL QASIRAH "MAW'ID" LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH LI SIGMUND FREUD). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL SHAKHS AL RA'ISI JUM'AH FI AL QISSAH AL QASIRAH "MAW'ID" LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH LI SIGMUND FREUD))
18101010064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (AL SHAKHS AL RA'ISI JUM'AH FI AL QISSAH AL QASIRAH "MAW'ID" LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH LI SIGMUND FREUD))
18101010064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah mekanisme pertahanan diri Jum‟ah dalam cerpen “Maw‟id” karya Najib Mahfuz Psikologi Sastra Sigmund Freud. Peneliti memakai psikoanalisis Sigmund Freud agar mendapatkan keterangan yang jelas juga mendalam tentang apa yang terjadi pada diri tokoh utama dalam cerpen “Maw‟id” yang mengandung banyak sekali data data psikologis. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa tokoh utamanya adalah Jum‟ah. Ia merasakan kecemasan yang timbul akibat firasat kematian yang akan segera mendatanginya, dan jiwanya pun menjadi kalut karena firasat kematian tersebut. Dengan mengguanakan psikoanalisis Sigmund Freud, peneliti mendapati bahwa perilaku yang dikerjakan oleh Jum‟ah dipengaruhi oleh tiga aparatur kepribadian yaitu id, ego, dan superego. Akan tetapi, yang paling dominan di antara ketiganya adalah superego. Kenyataan yang berupa firasat kematian yang menimbulkan kecemasan pada diri Jum‟ah dihadapi dengan menggunakan empat mekanisme pertahanan diri, yaitu rasionalisasi, represi, reaksi formasi, dan apatis. Jum‟ah menggunakan mekanisme pertahanan untuk menekan kecemasannya, atau bahkan sampai menghilangkannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh. Wakhid Hidayat, S.S., M.A.
Uncontrolled Keywords: Analisis Cerpen, Najib Mahfuz, Psikologi Sastra, Sigmund Freud
Subjects: Kesusastraan Arab > Cerpen
Kesusastraan Arab > Analisis Psikologi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Sep 2022 15:31
Last Modified: 15 Sep 2022 15:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53075

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum