SHAKHSIYAH AL BATAL AL ASASI FI RIWAYAH "YATIM FI HAYAH ABI" LI MUHAMMAD 'ASHBI AL GHAMIDI (DIRASAH TAHLILIYYAH FI ILM NAFS LI SIGMUND FREUD)

Nawang Lily Kuswardani, NIM.: 18101010105 (2022) SHAKHSIYAH AL BATAL AL ASASI FI RIWAYAH "YATIM FI HAYAH ABI" LI MUHAMMAD 'ASHBI AL GHAMIDI (DIRASAH TAHLILIYYAH FI ILM NAFS LI SIGMUND FREUD). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Shakhsiyah al Batal al Asasi fi Riwayah "Yatim fi Hayah Abi" li Muhammad 'Ashbi al Ghamidi (dirasah tahliliyyah fi Ilm Nafs li Sigmund Freud))
18101010105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Shakhsiyah al Batal al Asasi fi Riwayah "Yatim fi Hayah Abi" li Muhammad 'Ashbi al Ghamidi (dirasah tahliliyyah fi Ilm Nafs li Sigmund Freud))
18101010105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan objek karya sastra (novel) yang berjudul Yatiim Fii Hayati Abi karya Muhammad ‘Ashbi Al-Ghamidiy. Penelitian skripsi ini berjudul Syakhsiyatu al-Bathal al-Asasiy fii Uqshushati Yatiim fii Hayati Abi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan psikologi tokoh utama pada novel serta faktor-faktor yang dapat menyebabkan konflik psikologisnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) yang menggunakan metode penelitian deskriptif untuk memberikan gambaran yang men-detail mengenai objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik baca-catat. Peneliti menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud yang bertumpu pada Id, Ego dan Superego untuk memahami konflik pada diri tokoh secara mendalam. Melalui teori ini, peneliti dapat mengungkapkan bagaimana bentuk dari ketig unsur kepribadian tersebut, serta mana diantara ketiganya yang lebih dominan. Hasil dari penelitian ini, ditemukan bahwa adanya struktur kepribadian yang sangat mendominasi tokoh utama pada novel, sehingga menyebabkan konflik-konflik yang terjadi dalam kehidupannya. Struktur kepribadian yang mendominasi si tokoh utama ini adalah id dan juga ego, karena peran superego tidaklah banyak dalam tokoh Marwan ini. Terdapat pula beberapa faktor yang mempengaruhi konflik psikologis tokoh utama. Diantaranya adalah faktor personal dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mustari, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Psikoanalisis, Sigmund Freud, Yatim Fii Hayati Abi, Muhammad ‘Ashbi Al-Ghamidiy
Subjects: Kesusastraan Arab > Novel - Fiksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Sep 2022 08:31
Last Modified: 16 Sep 2022 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53079

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum