EFEKTIVITAS GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP HAMONG PUTERA NGAGLIK

Zannuba ‘Arifah Munawaroh, NIM.: 18107010056 (2022) EFEKTIVITAS GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP HAMONG PUTERA NGAGLIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Efektivitas Gerakan Sekolah Menyenangkan dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP Hamong Putera Ngaglik)
18107010056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Efektivitas Gerakan Sekolah Menyenangkan dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP Hamong Putera Ngaglik)
18107010056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas gerakan sekolah menyenangkan dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 45 (N=45), merupakan siswa kelas VII dan kelas VIII SMP Hamong Putera Ngaglik. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu skala kepercayaan diri yang diturunkan dari aspek-aspek Lauster (1992). Selanjutnya penerapan konsep GSM disusun dengan menggunakan empat prinsip perubahan yaitu 1) Learning Environment (Penciptaan Lingkungan Positif), 2) Character Development (Pengembangan Karakter), 3) Pedagogical Practice (Pembelajaran Penalaran dan Kesadaran Diri), 4) School Connectedness (Keterhubungan Sekolah). Hasil uji statistik dengan menggunakan teknik Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa n nilai p=0,000 lebih kecil daripada 0,05 (p<0,05) maka terdapat perbedaan yang signifikan anta skor pre-test dan post-test, nilai rata-rata post-test adalah 107,91 mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pre-test yakni 92,20 yang berarti hipotesis alternatif dalam penelitian ini diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan konsep GSM efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP Hamong Putera Ngaglik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Raden Rachmy Diana, S.Psi., M.A., Psi.
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas gerakan sekolah menyenangkan dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 45 (N=45), merupakan siswa kelas VII dan kelas VIII SMP Hamong Putera Ngaglik. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu skala kepercayaan diri yang diturunkan dari aspek-aspek Lauster (1992). Selanjutnya penerapan konsep GSM disusun dengan menggunakan empat prinsip perubahan yaitu 1) Learning Environment (Penciptaan Lingkungan Positif), 2) Character Development (Pengembangan Karakter), 3) Pedagogical Practice (Pembelajaran Penalaran dan Kesadaran Diri), 4) School Connectedness (Keterhubungan Sekolah). Hasil uji statistik dengan menggunakan teknik Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa n nilai p=0,000 lebih kecil daripada 0,05 (p<0,05) maka terdapat perbedaan yang signifikan anta skor pre-test dan post-test, nilai rata-rata post-test adalah 107,91 mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pre-test yakni 92,20 yang berarti hipotesis alternatif dalam penelitian ini diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan konsep GSM efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP Hamong Putera Ngaglik.
Subjects: Kesusastraan Arab > Analisis Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 13:57
Last Modified: 22 Sep 2022 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53234

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum