PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL LABORATORY PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK SMA/MA

Rifki Duria Latifah, NIM.: 17106070048 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL LABORATORY PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL LABORATORY PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK SMA/MA)
17106070048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL LABORATORY PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK SMA/MA)
17106070048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran kimia adalah salah satu rumpun sains yang dalam pelaksanaannya di lapangan diharapkan berdasarkan pada percobaan baik secara langsung ataupun secara virtual. Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) laboratorium tidak dipergunakan karena kegiatan tatap muka yang dibatasi. Materi laju reaksi membutuhkan kegiatan praktikum sebagai penunjang pemahaman konsep, karena pembelajaran kimia menekankan pada keterampilan proses. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan pemahaman dan minat peserta didik dalam belajar. Laboratorium virtual merupakan salah satu media alternatif untuk melakukan simulasi praktikum yang tidak memungkinkan dilakukan di sekolah. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kualitas, dan respon peserta didik terhadap produk media pembelajaran berbasis virtual laboratory materi faktor laju reaksi berdasarkan penilaian ahli materi, ali media, reviewer, dan respon peserta didik. Media pembelajaran berbasis laboratorium virtual dikembangkan dengan adaptasi model pengembangan ADDIE.. Produk yang telah dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Produk divalidasi oleh tiga dosen ahli materi dan tiga dosen ahli media. Produk diberikan penilaian oleh tiga reviewer, dan direspon oleh sepuluh peserta didik. Penilaian kualitas dilakukan dengan metode expert judgement yaitu produk dinilai oleh ahli sesuai bidangnya. Angket penilaian kualitas dilakukan menggunakan skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Media yang dikembangkan berupa aplikasi “Virtual Laboratorium Kimia” berisi aplikasi, simulasi praktikum, dan kuis laju reaksi yang dapat digunakan pada smartphone dan komputer. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase keidealan sebesar 94,00% (Sangat Baik), penilaian kualitas produk oleh ahli media mendapatkan persentase keidealan sebesar 93,00% (Sangat Baik), penilaian kualitas produk oleh reviewer mendapatkan persentase keidealan sebesar 89,00% (Sangat Baik), dan respon positif oleh peserta didik dengan persentase keidealan 99,00%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka media pembelajaran berbasis laboratorium virtual layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi laju reaksi kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Karmanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, laboratorium virtual, laju reaksi
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 10:28
Last Modified: 22 Sep 2022 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53331

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum