PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS FLIPBOOK MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH SEBAGAI BAHAN AJAR IPA TERPADU KELAS VIII

Amelia Ayu Azrina, NIM.: 17106080006 (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS FLIPBOOK MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH SEBAGAI BAHAN AJAR IPA TERPADU KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS FLIPBOOK MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH SEBAGAI BAHAN AJAR IPA TERPADU KELAS VIII)
17106080006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS FLIPBOOK MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH SEBAGAI BAHAN AJAR IPA TERPADU KELAS VIII)
17106080006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan dan kualitas dari modul berbasis flipbook materi sistem peredaran darah sebagai bahan ajar IPA terpadu kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Tetapi karena disesuaikan dengan keperluan penelitian, maka hanya menggunakan 3 tahap saja, yaitu define, design, dan develop. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran IPA, peer reviewer, dan peserta didik untuk menguji kualitas dan kemenarikan modul berbasis flipbook materi sistem peredaran darah menggunakan aplikasi Flip PDF Professional. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif yang dianalisis menggunakan data kuantitatif berupa data angka dan diinterpretasikan dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini berupa modul berbasis flipbook menggunakan Flip PDF Professional pada materi sistem peredaran darah sebagai bahan ajar IPA terpadu kelas VIII. Modul berbasis flipbook materi sistem peredaran darah memperoleh hasil persentase sebesar 82,85% menurut ahli materi dengan kriteria Sangat Baik, 80% menurut ahli media dengan kriteria Baik, 90,47% menurut guru dengan kriteria Sangat Baik, 93,64% menurut peer reviewer dengan kriteria Sangat Baik, dan 78,75% menurut peserta didik dengan kriteria Sangat Baik. Sehingga modul berbasis flipbook materi sistem peredaran darah sangat baik dan sangat layak untuk dijadikan bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Annisa Firanti, S.Pd.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Modul, Flipbook, Flip PDF Professional, Sistem Peredaran Darah
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 10:27
Last Modified: 22 Sep 2022 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53332

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum